oleh

Ada Jatah Cantingan Untuk Oknum Petugas Hebat

BANGKA — Ratusan TI Apung yang menambang timah di perairan pantai Batu Dinding, Kecamatan Belinyu, dikabarkan kembali beraktivitas meski tanpa izin alias ilegal.

Masyarakat dan nelayan setempat mengaku sudah terbiasa akan hal ini. Bahkan, diduga tangan-tangan nakal oknum dari satuan tertentu, diduga turut mengambil jatah berupa cantingan pasir timah dari aktivitas itu.

Ri, salah satu warga Belinyu, yang mengetahui aktivitas itu membeberkan, kegiatan penambangan di perairan Batu Dinding tanpa izin dari pihak berwenang.

” Kalau aktivitas itu jalan lah, hasil timahnya juga lumayan. Lokasinya sih memang masuk IUP PT Timah, cuma setahu saya ini tidak ada lagi SPK-nya, timahnya juga kadang keluar,” ungkap Ri ditemui di Pantai Batu Dinding, Sabtu (27/2) siang.

Meski mendapat penolakan dari nelayan, kata Ri, kegiatan penambangan timah iegal itu berjalan seperti biasa. Penambangan timah berani menambang secara ilegal, lantaran diduga dibekingi oleh oknum tertentu.

” Sudah satu Minggu ini jalan, koordinatornya si B (inisial, red). Kalau cantingan-cantingan itu ada lah ke oknum-oknum petugas hebat itu lah. Warga dan nelayan menolak, karena tanpa pemberitahuan dulu, dan terkesan arogan mentang-mentang dibekingi oknum aparat,” bebernya. (Randhu)

News Feed