HEADLINEHUKUM KRIMINAL

Anak Diduga Bunuh Ibu Kandung, Polisi Ungkap Motifnya

×

Anak Diduga Bunuh Ibu Kandung, Polisi Ungkap Motifnya

Sebarkan artikel ini

BANGKA TENGAH — Satuan Reserse Dan Kriminal Polres Bangka Tengah bersama Unit Reskrim Polsek Simpangkatis, dalam waktu kurang dari 12 jam berhasil mengungkap kasus meninggalnya Fauziah (59), warga Desa Pinang Sebatang, Kecamatan Simpangkatis, Kabupaten Bangka Tengah, yang diduga korban pembunuhan. Terduga pelaku merupakan anak kandungnya sendiri, Jamal Mirdad (31).

Kapolres Bangka Tengah melalui Kasat Reskrim AKP Wawan mengungkapkan, penangkapan Jamal Mirdad bermula dari laporan Sopian Hadi, kakak kandungnya, yang melaporkan adanya kejanggalan dari kematian orang tuanya ini ke polisi.

“Kejadiannya Jum’at pagi sekitar pukul 02:30 WIB dini hari. Saat itu Sopian sedang berada di rumah dan mendapat kabar dari tetangganya, bahwa ibunya sudah meninggal dunia. Karena merasa janggal dengan kematian ibunya, lalu dia melapor kejadian ini ke pihak kepolisian,” ujarnya Jum’at (24/6).

Lanjut Wawan, berdasarkan laporan itu pihaknya langsung melakukan penyelidikan untuk memastikan penyebab kematian Fauziah (korban).

“Setelah dilakukan penyelidikan, Alhamdulillah, dalam waktu kurang dari 12 Jam kita berhasil mengungkap kasus ini dan menangkap pelakunya, yang tidak lain adalah anak korban sendiri,” tuturnya.

Masih kata Wawan, setelah Jamal Mirdad diamankan dan di interogasi, dia mengakui telah membunuh ibu kandungnya dengan motif untuk menguasai harta milik korban.

“Pelaku (Jamal Mirdad) membunuh ibunya dalam pengaruh alkohol, dengan maksud untuk mengambil harta benda milik ibunya. Korban dibunuh dengan cara ditekan hidungnya hingga kehabisan nafas. Namun sebelum membunuh pelaku sempat melakukan pelecehan seksual terhadap korban, dengan memasukkan jari tangannya kemaluan korban,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Wawan, sadar bahwa korban telah meninggal dunia, lalu tersangka membuat skenario seolah-olah telah terjadi pencurian di rumahnya ini.

“Panik melihat korban sudah meninggal dunia, kemudian pelaku pergi ke dapur untuk mengambil sebilah parang dan merusak jendela rumah. Tujuannya untuk membuat skenario bahwa korban meninggal dunia akibat di bunuh oleh pencuri yang memasuki rumah korban,” Wawan membeberkan.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, tersangka Jamal Mirdad dan barang bukti sudah diamankan di Mapolres Bangka Tengah guna keperluan penyidikan lebih lanjut. (Hari Yana)