BANGKA TENGAHHEADLINE

Asesmen Nasional Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan

×

Asesmen Nasional Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan

Sebarkan artikel ini

BANGKA TENGAH —Kepala Sekolah SMPN 1 Koba, Hana Meilani mengatakan, Asesmen Nasional berbasis komputer merupakan Kementerian Pendidikan, untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

“Untuk meningkatkan mutu pendidikan sekaligus mengevaluasi pengelolahan sekolah di masing-masing daerah,” ujarnya, Selasa (5/10).

Dijelaskan Hana, pengganti Asesmen ini memang tidak terfokus pada beberapa mata pelajaran, berbeda dengan Ujian Nasional (UN).

“Asesmen ini tidak fokus kepada beberapa mata pelajaran, jadi tidak ada guru yang merasa terbebani untuk meluluskan ini karena menyangkut semua pengetahuan keterampilan dan literasi anak,” ujarnya.

Lanjut Hana, peserta yang diambil bukan kelas yang paling tinggi tapi kelas 8. Dalam hal ini, tidak semua anak kelas 8 menjadi peserta asesmen, tetapi memang diacak oleh kementerian.

“Sebanyak 45 anak yang diikutsertakan karena rata-rata yang diikutkan untuk SMP dengan jumlah siswa berapapun, rata-ratanya hanya 45 siswa dengan 5 orang cadangan,” ucapnya

Dilanjutkannya, sebelum pelaksanaan Asesmen ini kami juga melakukan berbagai persiapan, dan pembinaan dimulai dari sarana prasarana juga simulasi kepada siswa dan guru.

“Persiapan ini dimulai sejak awal tahun dan alhamdulillah semua sudah memfasilitasi. Kegiatan ini dilakukan selama 3 hari, yakni dua hari kegiatan ujian asesmen bagi siswa dan dilanjutkan dengan survei lingkungan.

Lanjut Hana, dirinya juga memaparkan dalam assesmen dilakukan penilaian tentang pengelolaan sekolah, guru mengajar, serta Dinas Pendidikan dalam mengelola pendidikan dan melihat sejauh mana pengelolaan sekolah oleh pemerintah daerah.

“Hal yang menjadi penilaian bukan perorangan, tapi keseluruhan. Untuk itu kita sangat berharap ke depan dunia pendidikan lebih baik lagi,” pungkasnya. (Hari Yana)