HEADLINE

Babel Miliki Peluang Besar Membendung Penyebaran Covid-19

×

Babel Miliki Peluang Besar Membendung Penyebaran Covid-19

Sebarkan artikel ini

PANGKALPINANG — Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian menyebutkan, Provinsi Bangka Belitung memiliki peluang untuk membendung Penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Hal tersebut dikatakan Tito saat menggelar konferensi pers di kantor Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Kamis (02/09/2021).

“Sebetulnya Bangka Belitung ini memiliki potensi untuk dapat mengkonten membendung penyebaran Covid-19 ini, karena alam. Daerah – daerah yang dijadikan pulau yang memiliki batas alam sebetulnya memiliki peluang yang lebih besar untuk bisa membendung. Cukup dengan memperketat bandara, memperketat pelabuhan, selesai!,” ungkap Tito.

Dikarenakan Provinsi Bangka Belitung tidak memiliki pintu darat seperti di Pulau Jawa. Sehingga mobilitas masyarakat masih bisa untuk ditekankan.

Ia juga apresiasi kasus konfirmasi Covid-19 di Provinsi Bangka Belitung juga menurun. Meskipun begitu, perlu untuk bersiaga dalam menghadapi situasi apabila terjadinya kenaikan.

Dengan melakukan diskusi bersama Gubernur Bangka Belitung, Forkopimda, Bupati serta Walikota dalam rangka untuk membuat strategi maupun langkah – langkah serta taktik dilapangan yang lebih baik supaya masyarakat tidak cepat berpuas diri dan terlena dengan indikator yang turun.

Setelah mendengarkan paparan langsung dari Gubernur, yang mana Satgas – satgas di Bangka Belitung lebih banyak di Hilir. Sehingga Ia juga menyarankan agar ada Satgas Hulu.

“Kalau bisa juga ada satgas hulu. Ini saya lihat, satgas nya lebih banyak yang di hilir. Di hulu ini adalah satgas untuk memperkuat protokol kesehatan, dan itu tidak gampang, karena melibatkan kontrol sosial yang 5 M tersebut. Nah ini harus diperkuat, dan ditunjuk siapa penjabatnya. Ini masukan dari saya,” ucap Tito. (Iqbal)