oleh

Bangka Barat Butuh Jaringan ICT Handal untuk Menjangkau Pelosok Desa

 20 total views

BANGKA BARAT — Smart City Solution Expert dari PT. ICON Plus, Alexander Putra Sentosa mengatakan, sebagai daerah yang mempunyai wilayah cukup luas, Kabupaten Bangka Barat membutuhkan jaringan ICT ( Information and Communication Technology ) yang handal.

Wilayah yang luas itu akan dikomunikasikan dan dihubungkan melalui jaringan ICT agar terintegrasi demi mewujudkan masyarakat yang lebih makmur.

” Oleh karena itu Pemkab Bangka Barat membutuhkan dukungan solusi ICT yang handal, meluas, cost efisien di seluruh pelosok Kabupaten Bangka Barat,” kata Alexander dalam paparannya pada acara sosialisasi Solusi Akselarasi Menuju Smart City Kabupaten Bangka Barat, di Ruang Rapat OR 1 Kantor Bupati Bangka Barat di Muntok, Senin ( 24/2/2020 ) siang.

Untuk mewujudkannya ada beberapa terobosan yang harus dilakukan. Yang pertama Smart City, kemudian integrasi E – Gov terpadu atau SPBE ( Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik ) dan Program Internet Desa di Bangka Barat.

” Tujuannya apa? Yang pasti pertama kita mendukung visi Bangka Barat Hebat 2021. Disini ada tata kelola pemerintahan, ada masyarakat, kemudian lingkungan dan perekomomian,” ujar dia.

Hal itu dikatakan Alex, tentu membutuhkan penguatan infrastruktur E-government, multimedia service, Data Centre dan layanan jaringan internet.

Sedangkan untuk program Smart City bisa dilakukan dengan menggelar jaringan internet hingga ke pelosok desa. Tiap desa nantinya akan memiliki web hosting sendiri agar bisa mempromosikan desanya ke seluruh Indonesia bahkan dunia melalui websitenya.

Lebih jauh Alex menerangkan, membangun sistem ICT itu seperti membangun rumah. Langkah awalnya, sebuah rumah pasti membutuhkan pondasi yang kuat.

” Pondasi yang kuat di ICT adalah infrastruktur, yang kita tawarkan disini jaringan berbasis fiber optic. Disitu ada internet, ada IPVPN, ada data centre. Setelah semua terbangun, level 1, kita baru bisa membangun level 2 dan level 3,” paparnya.

Level selanjutnya itu terang Alex bisa bermacam – macam, seperti
portal warga, mobile post, pajak daerah, aset Pemda, portal desa yang kesemuanya akan berujung Smart Village, Smart City atau E – Gov yang sudah terintegrasi secara terpusat.

Menurut dia, tujuan utama untuk E – Gov tersebut terutama bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ), leading dalam keterhubungan secara digital, transformasi secara digital untuk Kabupaten Bangka Barat.

” Jadi Kabupaten Bangka Barat akan menjadi salah satu percontohan Smart Village yang berhasil di Bangka. Semua itu tujuan utamanya pasti semuanya menyentuh ke level masyarakat karena pasti ada efisiensi, efektivitas, transparansi dan akuntabilitas sistem E –
Government yang sudah tercapai. Ini adalah tujuan utamanya,” tukasnya. ( SK )

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed