oleh

Bangka Selatan Segera Miliki Pengadilan Negeri

BANGKA SELATAN — Bupati Bangka Selatan diwakili Sekretaris Daerah Eddy Supriadi, menyambut kunjungan silaturahmi Ketua Pengadilan Tinggi Bangka Belitung Asnahwati bersama rombongan, di Ruang Kerja Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Rabu (21/9/22).

Selain silaturahmi, tujuan kunjungan ini juga dalam rangka peninjauan kesiapan rencana pembangunan pengadilan negeri di Kabupaten Bangka Selatan.

Usai ramah tamah dan berbincang di ruang kerja Sekda Basel, rombongan melanjutkan turun ke lapangan meninjau lokasi pembangunan Pengadilan Negeri Kabupaten Bangka Selatan, sekaligus juga meninjau gedung sementara dan rumah dinas yang akan dipinjampakaikan sementara kepada Pengadilan Negeri Kabupaten Bangka Selatan.

Eddy Supriadi mengatakan, hadirnya pengadilan negeri di Kabupaten Bangka Selatan adalah harapan besar masyarakat.

“Harapan besar masyarakat Kabupaten Bangka Selatan selama hampir 19 tahun berdiri, yaitu sangat mengharapkan hadirnya Pengadilan Negeri Kabupaten Bangka Selatan yang murah dan mudah terjangkau. Mudah-mudahan dengan ikhtiar dan usaha Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, serta komitmen membantu Pengadilan Tinggi Bangka Belitung, pembangunan Pengadilan Negeri Kabupaten Bangka Selatan segera terwujud,” imbuhnya.

Eddy berharap dengan sarana yang telah disiapkan pemerintah daerah, Pengadilan Negeri Kabupaten Bangka Selatan segera bisa beroperasi.

“Jadi dengan sarana yang akan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan pinjampakaikan, dan dengan hibah lahan hampir 7.000 meter persegi yang telah disampaikan, mudah-mudahan untuk operasionalnya Pengadilan Negeri Kabupaten Bangka Selatan yang sangat kami tunggu ini sesegera mungkin bisa beroperasi,” ujarnya.

Sementara Asnahwati mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti pembangunan tersebut, karena semua yang dibutuhkan telah disiapkan pemerintah daerah.

“Ini akan kita lanjutkan ke Mahkamah Agung. Insya Allah akan ditindaklanjuti, karena semua yang dibutukan terutama lokasi sudah disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan. Seandainya gedung belum siap, bisa dipinjamkan gedung sementara. Kita berdoa bersama mudah-mudahan cepat dikabulkan, sehingga tahun depan bisa ada dan berdiri Pengadilan Negeri di Kabupaten Bangka Selatan,” ungkapnya.

Asnahwati membeberkan tahapan-tahapan yang dilalui, hingga terwujudnya pembangunan pengadilan negeri di Kabupaten Bangka Selatan.

“Kita akan sampaikan dulu ke Mahkamah Agung, nanti Mahkamah Agung ke DPR, dan baru nanti ada Keputusan Presiden. Untuk operasionalnya karena ada pinjaman gedung mungkin bisa langsung jalan, karena ini benar-bener sangat dibutuhkan. Selain cepat dan murah, masyarakat Bangka Selatan tidak perlu lagi untuk mencari keadilan harus jauh-jauh ke Pengadilan Negeri Sungailiat,” tutupnya. (*)


Sumber: Dinas Kominfo