oleh

Bantuan PT Timah Dari Hulu ke Hilir

BANGKA — Kepala Seksi penyelenggara pelatihan UPTD Balatkop UKM, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Adi Setiawan, mengapresiasi kegiatan pelatihan pembuatan kerajinan berbahan dasar lidi nipah yang digelar PT Timah Tbk di Desa Kota Kapur, Kecamatan Mendo Barat, mulai 30 Maret hingga 3 April mendatang.

Adi mengatakan, kegiatan program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan PT Timah dari hulu ke hilir.

“Bantuan PT Timah ini sudah dari hulu ke hilir. Di hulunya PT Timah memberikan bantuan perahu untuk meningkatkan produksi lidi nipah, kemudian di hilirnya, PT Timah membantu memberikan pelatihan, yang nantinya juga akan membantu memasarkan kerajinan ini di medium yang mereka miliki,” ungkapnya, Selasa (30/3).

Ia berharap, PT Timah nantinya akan tetap bersinergi dengan Dinas Koperasi dan UMKM, untuk melakukan pemberdayaan masyarakat. Pasalnya, masih banyak potensi UMKM yang dilakukan bisa dikembangkan.

Trainer Pelatihan ini, Risanda mengatakan, di pelatihan ini para peserta akan mendapatkan beberapa pelatihan diantaranya ialah menenun lidi nipah, membuat maal / pola, dan membuat kerajinan berbagai jenis.

“Kita ajarkan yang dasarnya, nanti mereka yang akan mengkreasikan. Kita ajarkan untuk menenun. Karena untuk lebih banyak ini perlu pelatihan lanjutan. Saya rasa masyarakat antusias sekali mengikuti pelatihan, dan ini kita bagi dalam tiga kelompok,” ujarnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan