oleh

Banyak Laporan, DPRD Sidak Aktivitas Penambangan Timah di Pangkalpinang

 26 total views

PANGKALPINANG — Komisi III DPRD Kota Pangkalpinang mendampingi Satpol PP Kota Pangkalpinang, melakukan sidak aktivitas penambangan timah di sejumlah lokasi di Kota Pangkalpinang, Selasa (22/6/2021).

Adapun lokasi yang dilakukan penertiban, yakni Kelurahan Air Mawar dan kawasan Teluk Bayur, Kota Pangkalpinang.

Ketua Komisi III DPRD Kota Pangkalpinang, Bangun Jaya mengatakan, aktivitas pertambangan ilegal ini sudah meresahkan masyarakat, hal itu berdasarkan banyaknya laporan yang masuk ke DPRD Kota Pangkalpinang.

“Bamyak laporan dari masyarakat mengenai aktivitas pertambangan ilegal ini, maka kami sebagai wakil rakyat sidak pada hari ini bersama Satpolpp, dan ternyata memang benar ada aktivitas pertambangan ilegal di Kelurahan Air Mawar ini,” kata Bangun Jaya.

Dengan melakukan sidak tambang ilegal di Kelurahan Air Mawar, Komisi III DPRD Kota Pangkalpinang sudah melaksanakan fungsinya sebagai pengawasan dan mengawal Peraturan Daerah mengenai penanganan masalah tambang ilegal nomor 1 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketenteraman masyarakat.

“Jadi hari ini barang bukti mesin tambang ilegal di Kelurahan Air Mawar ini dibawa ke Kantor Satpol PP Kota Pangkalpinang, dan sidak tambang ilegal di Kelurahan Air Mawar ini sudah sesuai dengan fungsi kami sebagai wakil rakyat, sebagai pengawasan dan mengawal urusan tambang ilegal ini sampai selesai,” pungkasnya.

Selain itu, Bahar salah satu pekerja tambang ketika dimintai keterangan mengatakan, ada dua orang pemilik yang berada di lokasi tersebut.

“Ada dua orang yang punya. Satu Ap Semabung, satu Ap orang sini pemilik pabrik batu bata,” ucap Bahar.

Lebih lanjut Ia mengatakan per harinya bisa mendapatkan kurang lebih 20 kilogram timah.

“Kami disini hanya pekerja. Kalau pastinya berapa kilogram kurang tau juga. Ya, sekitar 20 kilogram per harinya. Menggunakan alat berat. Cuma gak tau pakai apa,” jelasnya.

Berdasarkan pantauan dilapangan terdapat dua mesin tambang kecil dan satu mesin tambang besar yang diangkut dan dibawa oleh Pol PP Kota Pangkalpinang. (Iqbal)

News Feed