oleh

Bawaslu Babel Gelar RDK Bersama Rekan Media Terkait Pembentukan PPK

 9 total views

PANGKALPINANG — Badan Pengawas Pemilu Provinsi Bangka Belitung, gelar Rapat Dalam Kantor (RDK) bersama rekan media terkait Pelaksanaan Pemilu tahun 2020 yang dilakukan di 4 Kabupaten. Jumat (21/02/2020), di ruang rapat Bawaslu Babel.

Sehubungan dengan kegiatan tersebut, Kepala Sekretariat Bawaslu Babel, Roy M. Siagian, memberikan apresiasi kepada rekan – rekan media.

“Kita apresiasi pertemuan sore ini, dan berharap rekan – rekan media bisa mempublikasikan bahwa Bawaslu itu benar – benar ada dan memang dibutuhkan,” ungkap Roy.

Lanjutnya, Ia meminta rekan – rekan media untuk memberikan masukan jika memang keberadaan Bawaslu sangat minim.

“Dan kalau memang keberadaan kami ini sangat minim, kami juga akan menerima masukan dari rekan – rekan media, keminiman kami itu dimana. Sehingga kami bisa tahu. Karena, jujur rekan – rekan media bisa melihat dari luar tentang etensi dan juga tugas kami di Bawaslu,” jelas Roy.

Selain itu, Koordinator Division Pengawasan Bawaslu Babel, Andi Budi Yulianto, mengatakan bahwa Bawaslu juga sudah melakukan evaluasi terhadap kekurangan dan kegiatan – kegiatan yang dilakukan selama ini.

“Bawaslu juga sudah melakukan banyak evaluasi, apa saja kekurangan kita, kegiatan – kegiatan kita, juga bagaimana hubungan kita kepada kawan – kawan media, Dan tentunya kami juga melakukan pembenahan – pembenahan dengan kerja sama media mungkin akan kami aktifkan. Sehingga media bisa menyampaikan berita terkait Bawaslu untuk memberikan poin – poin kepada masyarakat,” ungkap Andi.

Dikatakan Andi, untuk hasil dari pengawasan pembentukan Panitia Daerah khususnya di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), bahwa Bawaslu Babel sudah melakukan pengawasan di 4 Kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada tersebut.

Dijelaskan Andi, bahwa Bawaslu sudah melakukan perekrutan peserta PPK dengan jumlah total ada 488 pendaftar.

“Di Bangka Selatan 125 orang, Bangka Tengah 124 orang, Bangka Barat 122 orang, dan yang paling sedikit di Belitung Timur 117 orang,” jelas Andi.

Dalam hal ini, Ia juga mengatakan Bawaslu Babel sudah melakukan pengawasan untuk pembentukan PPS dan PKD. Bawaslu juga tidak hanya melakukan pembentukannya saja tetapi pengawasan catatan internal juga dilakukan dengan persyaratan – persyaratan dan sebagainya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Hukum, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Babel, Dewi Rusmala mengatakan nata pengawasan penyerahan dukungan bakal calon perseorangan sampai tanggal 23 Februari 2020.

“Penyerahan dukungan bakal calon perseorangan dan juga ini yang sedang kita jalankan dari tanggal 19 sampai 23 Februari 2020 nanti. Lewat dari itu, penerimaan berkas tidak bisa lagi diterima oleh KPU,” ungkap Dewi.

Dikatakan Dewi, untuk persyaratan dukungan calon perseorangan minimal 4 Kecamatan dari 4 Kabupaten yang mengadakan pilkada.

“Untuk Belitung Timur syarat minimal dukungannya ada 8.673 KTP atau Suket yang sebarannya di 4 Kecamatan, untuk di Bangka Tengah ada 12.213 sebarannya di 4 Kecamatan, di Bangka Barat ada 12.872 sebaran di 4 kecamatan, dan di Bangka Selatan sebanyak 12.766 di 5 kecamatan,” jelas Dewi.

Menurut Dewi, Informasi yang didapatkan sampai saat ini, untuk Belitung Timur dan Bangka Tengah itu belum ada calon perseorangan. Hanya di Bangka Barat dan Bangka Selatan yang memiliki calon perseorangan.

“Untuk Bangka Selatan sendiri untuk paslon perseorangannya hari ini sudah masuk, itu ada Kodi – Rusliadi (KO-RI). Innfo jumlah dukungannya sampai saat ini sudah masuk 14.919. Untuk di Bangka Barat sampai hari ini sudah di 12.872,” kata Dewi.

Dijelaskan Dewi bahwa Bawaslu Babel tetap mengadakan monitoring dan pantauan dalam mengawasi khususnya yang ada calon perseorangannya. (Iqbal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed