oleh

Bawaslu Bateng Gelar Rakernis Kehumasan Dan Jurnalistik

BANGKA TENGAH — Menghadapi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka Tengah pada tanggal 23 September 2020 mendatang, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) kehumasan dan Jurnalistik, bersama seluruh Panwaslu Kecamatan (Panwascam) se Kabupaten Bangka Tengah.

“Rakernis ini sangat penting untuk memberikan pengetahuan kepada Pengawas Pemilu di Bangka Tengah tentang Kehumasan dan Jurnalistik, agar anggota Panwascam mengetahui betapa pentingnya peran serta media, baik itu media online, cetak, elektronik dan televisi dalam memberitakan Pemilu pada Pilkada Bangka Tengah Tahun 2020,” ujar Ketua Bawaslu Bateng, Robianto, saat membuka Rakernis Senin (09/03/2020) di Hotel Grand Vella, Pangkalan Baru.

Ia menjelaskan, rapat kerja teknis ini pesertanya sejumlah staf dan anggota Panwascam untuk menimbulkan kesadaran akan pentingnya media dalam melakukan pemberitaan terkait Pilkada 2020.

“Sebagai anggota Panwaslu Kecamatan, tentu harus mengetahui dan paham informasi apa saja yang boleh dipublikasikan atau informasi yang tidak boleh dipublikasikan,” ujarnya.

Sementara Muhammad Tamimi, wartawan Harian Rakyat Pos dalam makalahnya saat bertindak sebagai narasumber, menjelaskan teknik membuat berita dan rilis.

“Seorang pembuat berita atau rilis harus menguasai rumus dalam menulis berita sehingga informasi yang disampaikan lebih mudah dicerna dan diterima publik,” ujarnya.

Tamimi juga menekan terkait wartawan sebagai pekerja profesi yang dilindungi undang-undang dan tetap berpegang kepada kode etik dalam membuat berita.

“Wartawan tidak boleh membuat berita tidak berimbang, tidak boleh beropini, dan berita harus memenuhi unsur 5W+1H,” jelasnya. (Rilis)

Sumber: Panwascam Namang

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed