oleh

Bawaslu Bateng Rayakan Ulang Tahun Secara Sederhana

BANGKA TENGAH — Suasana berbeda dan tidak seperti biasanya, tampak dalam perayaan hari jadi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Ke-12 yang dirayakan oleh Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah (Bateng).

Di tengah kekhawatiran penyebaran wabah Covid-19, Bawaslu Kabupaten Bateng merayakan secara sederhana Hari Ulang Tahun Bawaslu Ke-12 pada Kamis (09/04/2020) pagi.

Jika biasanya dirayakan secara meriah di tingkat nasional, momentum peringatan HUT Ke-12 kali ini hanya dirayakan melalui video teleconference dengan Bawaslu RI yang diikuti sekitar 500 Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Indonesia. Perayaan HUT Ke-12 ini dilakukan secara terpusat di Kantor Bawaslu RI yang dipimpin langsung oleh Ketua Bawaslu RI, Abhan.

Kendati demikian, suasana suka cita tetap terlihat dalam perayaan ini dengan menerapkan protokol yang ketat terhadap upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Apalagi dalam momentum perayaan hari jadi ini, Bawaslu mengedepankan sikap toleransi kepada seluruh jajarannya di tengah persoalan bangsa saat ini dengan menanamkan sikap solidaritas kebangsaan untuk kemanusiaan dalam menghadapi Covid-19.

Bawaslu RI pun telah menginstruksikan kepada seluruh Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten/Kota untuk merayakan hari jadi ini dengan sikap peduli kepada sesama.

Momentum perayaan Dirgahayu Ke-12 inipun diikuti dengan khidmat oleh pimpinan dan staf Bawaslu Kabupaten Bateng melalui video teleconference yang dimulai tepat pukul 09.30 WIB. Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Bateng Robianto dan Anggota Muhamad Utoyo dan Wahyu Tri Buwono beserta para staf.

“Hari jadi Bawaslu Ke-12 ini kita rayakan secara sederhana di tengah kondisi bangsa yang sedang berjuang menghadapi wabah Covid-19. Ini tentu juga menjadi tantangan dan tanggung jawab kita bersama sebagai Pengawas Pemilu untuk membantu bangsa ini agar dapat mengatasi persoalan ini,” ujar Ketua Bawaslu RI, Abhan dalam video teleconference.

Kendati demikian, menurut Abhan hal ini tidak mengurangi makna dari perayaan HUT Bawaslu Ke-12. Untuk itu, ia meminta kepada seluruh jajaran Pengawas Pemilu agar selalu meningkatkan kinerja, menjaga netralitas dan profesional dalam bekerja.

“12 tahun bukanlah usia yang masih muda. Keberhasilan-keberhasilan yang telah diraih oleh Bawaslu dalam mengawal demokrasi di Indonesia, tentunya ini semua berkat kerja keras seluruh Pengawas Pemilu dan Sekretariat, mulai dari Pengawas TPS maupun Kepala Sekretariat Panwaslu Kecamatan,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua Bawaslu Kabupaten Bateng Robianto perayaan HUT Ke-12 di Kabupaten Bateng dirayakan dengan mengikuti instruksi yang telah disampaikan oleh Bawaslu RI.

Dalam perayaan hari jadi inipun, pihaknya ditekankan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang menunjukkan sikap kepedulian kepada sesama di tengah wabah Covid-19 yang sedang melanda bangsa Indonesia saat ini.

“Perayaan hari jadi Bawaslu kali ini memang paling berbeda dari biasanya. Kita mengikuti kegiatan melalui video teleconference dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat, seperti peserta yang tidak boleh lebih dari 10 orang, jarak 1-2 meter, dan menggunakan masker,” ucapnya.

Pada momentum hari jadi Ke-12 inipun, ia pun berharap Pengawas Pemilu di Kabupaten Bateng dapat lebih bersinergi dengan berbagai elemen masyarakat dalam mengawal demokrasi di Kabupaten Bateng, apalagi di Kabupaten Bateng akan ada Pilkada serentak walaupun saat ini tahapannya sedang dilakukan penundaan. “Dengan kinerja yang baik dan profesional, saya yakin para Pengawas Pemilu akan semakin dirasakan dan dihargai keberadaannya dalam mengawal demokrasi di daerah ini,” tandasnya.

Perayaan HUT Ke-12 Bawaslu inipun ditutup dengan pemotongan tumpeng secara bersama-sama oleh pimpinan Bawaslu Kabupaten Bateng dan dilanjutkan dengan video teleconference bersama Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (Yan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed