oleh

Bawaslu Gunakan Aplikasi Siwaslu Guna Percepat Pengiriman Informasi Pemilu

 25 total views

BANGKA BARAT – Bawaslu Kabupaten Bangka Barat mengadakan sosialisasi penggunaan Aplikasi Siwaslu ( Sistem Pengawasan Pemilihan Umum ) di Resto Roemah Keboen, Muntok, Rabu ( 10/4/2019 ) pagi.

Aplikasi Siwaslu 2019 merupakan perangkat yang akan digunakan para pengawas untuk memudahkan pengumpulan data dari setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) penyelenggara Pemilu 2019 secara elektronik.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk melaporkan hal – hal seperti money politik, kampanye diluar atau di akhir batas waktu, distribusi formulir C6, dan penyampaian logistik dari KPU ke PPK-PPS sebelum dihari H.

Ketua Bawaslu Bangka Barat, Rio Febri Fahlevi mengatakan, pihaknya akan mendorong setiap pengawas yang bertugas di TPS untuk bisa mengoperasikan aplikasi ini untuk mempercepat proses pengumpulan berbagai data dari setiap TPS.

” Jika ada yang tidak memiliki telepon android, petugas pengawas di tingkat desa akan menjemput langsung data tersebut untuk kemudian diunggah ke aplikasi Siwaslu,” ujarnya.

Untuk itulah Bawaslu Bangka Barat menggelar sosialisasi dan rapat koordinasi untuk memantapkan jajaran Panwascam dan Pengawas Kelurahan dan Desa ( PKD ) se – Bangka Barat dalam menggunakan Aplikasi Siwaslu ini.

Rio berharap semua Pengawas Tempat Pemungutan Suara ( PTPS ) telah menggunakan aplikasi ini agar penyampaian informasi terkait kepemiluan bisa dilakukan dengan cepat.

” Karena setiap desa itu kan jumlah PTPS-nya berbeda – beda, kita berharap setelah dari sini nanti PKD-nya besok mengumpulkan PTPS masing-masing untuk membimbing kawan-kawan PTPS dikarenakan sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh Bawaslu Provinsi, tanggal 12 kita akan melaksanakan Bimtek PTPS,” papar Rio.

Dengan demikian kata dia, pada saat Bimtek nanti, PTPS tidak memulai dari nol lagi karena telah dibekali pengetahuan.

Untuk daerah PTPS yang tidak terjangkau sinyal dan tidak memiliki smart phone android, pihak Bawaslu telah melakukan pemetaan.

” Ini nanti di back up oleh staf, jadi ini sudah terintegrasi ke Bawaslu RI langsung, nanti per-kecamatan ada operatornya,” katanya. ( SK )

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed