oleh

Belasan Kerangka Ponton TI Rajuk Dimusnahkan

BANGKA TENGAH — Tim gabungan Polres Bangka Tengah dan Polsek Koba, melakukan pemusnahan serta pemotongan kerangka Ponton TI Rajuk yang beroperasi di Kolong Merbuk, Kenari dan Pungguk, Kecamatan Koba, pada Senin (20/01/2020).

Kapolres Bangka Tengah melalui Kabag Ops KOMPOL Andi Purwanto mengatakan, hal itu dilakukan dalam upaya penindakan kepada penambang yang masih melakukan penambangan pasir timah secara ilegal, di tiga lokasi tersebut yang merupakan eks tambang PT Kobatin.

“15 kerangka ponton kayu TI Rajuk yang kita robohkan, dipotong – potong menggunakan mesin gergaji (Chainsaw), agar nantinya tidak dirakit kembali oleh para penambang, sehingga tidak bisa dipergunakan untuk menambang di kawasan ini. Karena adanya aktivitas penambangan di sini sangat meresahkan warga,” ungkap KOMPOL Andi Purwanto.

Sebelumnya, lanjut Andi Purwanto, saat Kapolres Bateng melakukan pengecekan, ditemukan puluhan ponton yang diduga disembunyikan oleh penambang.

“Sebelumnya Bapak Kapolres melakukan pengecekan, dan ada puluhan ponton yang di sembunyikan penambang. Akhirnya semua ponton berhasil dibongkar, dan diamankan ke Mapolres Bangka Tengah,” bebernya.

Dia menghimbau kepada para penambang, agar tidak lagi melakukan penambang dikawasan tersebut, lantaran rawan terjadinya bencana seperti banjir, dan juga rawan terjadinya konflik sosial.

“Saya menghimbau jangan lagi menambang di sini, karena ini sangat rawan terjadinya bencana ataupun konplik sosial di masyarakat. Saya juga meminta masyarakat yang menambang dikawasan ini untuk angkat kaki, dan jangan melawan hukum. Karena bila tetap membandel, tidak segan-segan akan kita proses secara hukum yang berlaku,” pungkasnya. (Yan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed