oleh

Belum Ada Kasus Suspec Monkeypox di Bateng

BANGKA TENGAH — Penyakit cacar monyet atau monkeypox diduga telah masuk ke Indonesia. Menurut kabar yang beredar, sudah ada ditemukan satu orang pasien yang diduga suspec cacar monyet itu.

Menyikapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Mukhrim, memastikan saat ini pihaknya belum mendapatkan laporan atas penyakit cacar monyet atau monkeypox itu.

“Kita belum ada penyakit seperti itu, jangan sampai ada lah. Kini pandemi COVID-19, nanti ditambah virus seperti itu lagi, nambah capek kita,” kata Mukhrim, Jumat (5/8).

Ia menjelaskan, penyakit Monkeypox merupakan infeksi virus yang disebabkan oleh virus yang menyebabkan gejala yang mirip dengan virus cacar yang sekarang sudah diberantas.

“Demam kurang lebih kayak cacar kita biasa itu, cuma mungkin ada karakteristik tersendiri. Memang untuk lebih pastinya nanti akan dilihat di laboratorium,” jelasnya.

Dia menghimbau kepada masyarakat, apabila kemungkinan terburuk penyakit Monkeypox ini masuk ke Babel, untuk pencegahannya menghindari kontak langsung dengan orang yang sudah terpapar, menjaga kebersihan tangan, dan mempraktikkan etika batuk dan bersin yang benar.

“Yang pertama perilaku hidup bersih sehat. Kemudian yang memelihara hewan seperti monyet untuk dihindari dulu. Karena ketika binatang-binatang itu terinfeksi luka segala macam itu kemungkinan,” demikian Mukhrim. (Dika)