BANGKA BARAT — Ribuan masyarakat Kota Muntok, Kabupaten Bangka Barat dari berbagai kalangan, berbeda profesi, tua maupun muda berbagi kebahagiaan di Buffer Zone kawasan Pelabuhan Tanjung Kalian, pada Selasa (22/11/2022) malam.

Mereka bergembira menyemarakkan perayaan hari ulang tahun ke-22 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Beragam hiburan sengaja disuguhkan untuk menambah euforia dengan menampilkan aksi panggung para seniman musik lokal.

“Seniman, musisi, ini menghibur, menyenangkan hati, membuat kita bergembira. Terima kasih kepada para seniman Bangka Barat yang sudah tampil dengan baik hari ini,” kata Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin membuka sambutan.

Perayaan yang digelar malam itu, menurut Ridwan, tidak terlepas dari hasil juang para senior pembentukan provinsi. Untuk itu, dalam acara tersebut Ridwan juga mengingatkan seluruh masyarakat Babar, dan Kep. Babel secara umum dapat memberikan penghormatan dan penghargaan atas perjuangan 22 tahun lalu.

“Alhamdulillah, 22 tahun Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berdiri, saya banyak mendengar cerita perjuangan dari para tokoh, pejuang pembentukan provinsi, terimakasih dan hormat kita kepada beliau semua. Kita doakan mereka para senior-senior dapat menikmati berkembangnya provinsi Bangka Belitung ini,” katanya.

Ia pun mengaku kembali mengingat masa kecilnya di kota sejarah ini, yang menunjukkan eratnya persaudaraan. Untuk itu, euforia malam itu juga menurutnya menjadi momentum untuk terus membuktikan jika “Negeri Serumpun Sebalai” tidak sekadar slogan, tetapi benar-benar menunjukkan kebersamaan, kekeluargaan, di antara keragaman.

“Prestasi yang dicapai oleh provinsi ini cukup banyak. Saat ini kita semua mensyukuri kehadiran provinsi ini. Mari kita isi dengan hal-hal positif. Saya yakin masyarakat Bangka Belitung, khususnya di Bangka Barat mendapat berkah,” katanya.

Pesta rakyat itu juga diisi dengan peluncuran jingle, logo, dan maskot Pekan Olahraga Provinsi ke VI. Binturong, yang diambil dari hewan endemik langka di Negeri Sejiran Setason dikenalkan ke publik sebagai maskot. Sedangkan jingle resmi yakni berjudul “Jadilah Pemenang”.

“Sesuai artinya, jingle ini memberikan pesan mencerminkan semangat solidaritas, dan persaudaraan, baik dalam pertandingan maupun di luar pertandingan. Kita buktikan bahwa bakat-bakat hebat di Babel dapat pula menjadi kebanggaan kita bersama,” katanya. (*)


Sumber: Dinas Kominfo