oleh

Berharap Bisa Kelola Pelabuhan Tanjung Ular

BANGKA BARAT — Bupati Bangka Barat, H. Sukirman mengaku senang melihat progress pembangunan Pelabuhan Tanjung Ular di Desa Air Putih, Kecamatan Muntok yang sudah mencapai 94 persen.

Hal itu ia ungkapkan saat meninjau Pelabuhan Tanjung Ular, bersama Wabup, Bong Ming Ming, Kapolres AKBP Agus Siswanto serta Dandim 0431/BB Letkol Inf. Deri Indrawan, Minggu ( 3/7 ) sore.

” Sampai sekarang kita cukup senang ya karena progressnya sudah sampai 94 persen. Mudah – mudahan infrastrukturnya akan selesai tepat pada waktu dan bisa dikelola secepat – cepatnya untuk meningkatkan PAD kita,” ujar Sukirman.

Dia mengatakan, mengenai pengelolaan pelabuhan tersebut masih akan dirumuskan. Menurut Sukirman, Pelabuhan Tanjung Ular akan dioperasikan tahun ini juga bila tahapan – tahapan uji sandar hingga peresmian dan serah terima sudah dilakukan.

” Beroperasi di tahun ini, pertama di uji coba dulu kemudian diresmikan untuk melepas dari pihak yang membangun sampai yang diserahkan. Sementara dari Kementerian Perhubungan, baru nanti diserahkan ke Bangka Barat,” katanya.

Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming menambahkan, Pelabuhan Tanjung Ular merupakan pelabuhan pengumpan lokal skala kabupaten. Dia berharap Bangka Barat yang akan mengelolanya melalui Badan Usaha Pelabuhan.

” Pelabuhan pengumpan sekarang ini masih kabupaten, kita berharap dia masuk dikelola oleh BUP, Badan Usaha Pelabuhan yang dimiliki Pemda Bangka Barat ya, Insya Allah seperti itu harapannya,” ujar Bong Ming Ming.

” Maka kemarin berdasarkan arahan Pak Bupati kita berharap pelabuhan ini dikelola oleh Pemda Bangka Barat melalui BUMD, yang nanti ada usaha yang namanya Badan Usaha Pelabuhan, itu yang akan mengelola pelabuhan ini nanti ke depan,” sambungnya. ( SK )