Bersama Komite Tari, Dewan Kesenian Babar Gelar Lomba Tari

HEADLINE216 Dilihat

BANGKA BARAT – Dalam rangka memperingati Hari Tari Sedunia, Komite Tari Dewan Kesenian Kabupaten Bangka Barat menggelar Lomba Tari se – Bangka Barat di panggung Mini Teater Pantai Batu Rakit, Tanjung Kalian, Muntok, Minggu ( 28/4/2019 ).

Lomba tari ini dilaksanakan bertepatan dengan hari Minggu terakhir menjelang bulan suci Ramadhan, dimana pada hari ini telah menjadi tradisi masyarakat kota Muntok dan sekitarnya berbondong – bondong berpiknik ke pantai sebagai wujud sukacita menyambut bulan Ramadhan.

Lomba dibagi menjadi dua kategori, yaitu Tari Kreasi Nusantara tingkat anak – anak dan dewasa serta Modern Dance tingkat umum.

Tari Kreasi Nusantara tingkat anak diikuti oleh empat peserta, tingkat dewasa diikuti lima peserta, sedangkan Modern Dance tingkat umum hanya diikuti dua peserta.

Sesuai dengan tema yang diusung ” Kreatifitas Tanpa Batas ” menurut Ketua Dewan Kesenian Bangka Barat, Bambang Haryo Suseno, acara ini diharapkan menjadi semangat bagi semua orang agar bisa mempercantik, memperindah diri, tidak hanya dalam bentuk gerak tari, tapi dimulai dari hati.

” Jadi memang ada dua kategori, yang pertama Tari Nusantara, kemudian ada Modern Dance, dua konsep ini memang mewakilkan bahwa kita dari Dewan Kesenian tidak membatasi berkesenian, silahkan munculkan dari hati, mudah – mudahan niat baik akan berhasil baik,” ujarnya.

Kabid Kesenian dan Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat ini mengatakan, berkesenian sesuai dengan filosofi Dewan Kesenian Bangka Barat, jika dengan agama hidup menjadi lebih terarah, jika dengan ilmu pengetahuan hidup jadi lebih mudah dan dengan berkesenian, hidup dapat dimaknai menjadi lebih indah.

” Di acara lomba tari hari ini, kami mengharapkan adik – adik , anak – anak yang akan menjadi penerus bangsa mampu menyisipkan filosofi berkesenian di dalam hati untuk mampu menjadi manusia yang bisa memperindah hidup, tidak hanya untuk diri sendiri tapi untuk keluarga, daerah, bangsa dan dunia,” imbuh Seno.

Lomba Tari Kreasi Nusantara tingkat anak – anak dimenangkan kelompok Putri Baniah 1yang meraih juara pertama, disusul Putri Baniah 2 sebagai juara kedua dan kelompok tari Putri Tong Liau sebagai juara ketiga.

Untuk tingkat dewasa, kelompok Tari Besaoh meraih tempat pertama, Tor Tor Batak Horas sebagai runner up dan Rumah Gadang di tempat ketiga.

Kategori Modern Dance tingkat umum yang hanya dua peserta, kelompok Black Red keluar sebagai juara pertama dan Little Girl meraih juara kedua.

Para pemenang mendapatkan hadiah uang pembinaan, piagam dan trophy. ( SK )

Tinggalkan Balasan