oleh

Bersama Ratusan Pelajar, Ini Yang Dilakukan Gubernur Di Pantai Rebo

BANGKA — Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, menggelar Senam Bedincak bersama ratusan pelajar di Pesisir Pantai Rebo, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, pada Jum’at (27/09/2019) pagi.

Selain Senam Bedincak, Gubernur Erzaldi bersama ratusan pelajar dari sekolah dasar hinga sekolah menengah yang ada di Kabupaten Bangka, juga melakukan penanaman 5.000 batang Bakau dan pelepasan kepiting ke laut. Gubernur juga menyerahkan santunan kepada sejumlah anak yatim.

Kegiatan yang yang dipelopori oleh Yayasan Ikebana itu, dilaksanakan dalam rangka Pelestarian Seni Budaya dan Lingkungan Alam di Konservasi Yayasan Ikebana, Pesisir Pantai Rebo.

Gubernur menyampaikan apresiasinya kepada Yayasan Ikebana, yang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bangka, PT. Timah Tbk dan PT Pir, atas upayanya melestarikan lingkungan Babel dengan kontinuitasnya yang terjaga tiap tahun.

Dalam tiga tahun, dikatakan Gubernur, di tempat ini Ikebana berhasil melestarikan hutan lindung pantai ini bersama KPH Sigambir Kota Waringin,telah menamam kurang lebih sekitar 22 hektar. Sekarang, selama 5 hari ini, targetnya bertambah 5 hektar.

Menurut Gubernur, ini akan terus bertambah. Keberhasilan yang dirasakan juga bukan hanya di tanaman bakau di Pantai Rebo bertambah, tetapi juga jumlah masyarakat yang sadar akan penanaman mangrove ini bertambah.

“Yang pasti kita tidak akan pernah bosan mengajak orang menanam. Hari ini, kita mengajak anak – anak untuk menanam, agar tertanam dalam jiwanya bahwa menaman itu penting,” ungkapnya.

Dalam kegiatan itu, sambung Gubernur, juga dilakukan pelepasan kehidupan laut seperti kepiting yang semata – mata hanya ingin agar lingkungan menjadi lebih baik dari sekarang.

Gubernur Erzaldi mendorong masyarakat agar bersama-sama peduli akan kelestarian lingkungan. “Kalau sudah dibuat sarana seperti ini, yuk datang juga, jangan hanya berpiknik saja, tetapi lebih dari itu ikut berpartisipasi melestarikannya,” ajak Gubernur.

Sehubungan dengan anak – anak yang ikut berpartisipasi dalam Senam Bedincak, kata Gubernur, hal itu terkait dengan rencana Bangka Belitung untuk memecahkan Rekor Muri dengan Senam Bedincak dengan peserta terbanyak pada bulan November bertepatan dengan Hari Jadi ke 19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dengan melibatkan sekitar 70 ribu orang.

Sementara itu, Ketua Yayasan Ikebana Ervawi menjelaskan, Bakau tidak hanya berfungsi untuk menahan abrasi, namun juga secara ekonomi menguntungkan sebagai tempat berkembang biaknya kepiting, udang dan ikan yang dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai penghasilan tambahan serta untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat. (Red)

Sumber : Humas Prov Babel

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed