HEADLINERAGAM

BLT Diperpanjang, Pembangunan Fisik Boleh Diadakan

×

BLT Diperpanjang, Pembangunan Fisik Boleh Diadakan

Sebarkan artikel ini

BANGKA– Direktur Pelaksana Anggaran Ditjen Perbendaharaan RI, Sudarso mengatakan, pemerintah memberikan kebijakan di tahun 2021 ini khususnya terhadap Bantuan Langsung Tunai ( BLT ). Kebijakannya yaitu pembagiannya dilanjutkan selama 12 bulan atau satu tahun ini sebagai upaya pemerintah dalam menangani pandemi virus Corona.

” Pandemi Covid ini, berpengaruh sangat signifikan. Nah, oleh karena itu dalam penanganan Covid itu membutuhkan partisipasi, membutuhkan kerja sama semua unsur, kita, termasuk Pemda dan para Kades. Kebijakan di 2020 tersebut dilanjutkan di 2021 ini, dimana sekarang diperpanjang pemberiannya menjadi 12 bulan atau satu tahun, itu yang BLT Dana Desa,” ungkapnya usai kunker di wisata religi Pagoda Nusantara, Desa Rebo Kecamatan Sungailiat, Sabtu ( 29/05 ). siang.

Disamping itu kata Sudarso, diwajibkan bagi pihak desa untuk menyisihkan 8 persen dari jumlah anggaran desa sebagai dana penanggulangan terhadap warga yang terpapar Covid.

Dikatakannya, besarnya dampak wabah virus Corona ini secara nyata memang berpengaruh ke segala penjuru, termasuk perekonomian, bahkan pemerintah pun banyak memangkas anggaran dan menunda beberapa proyek pembangunan fisik sebelumnya.

Di lain pihak, Dirjen Perbendaharaan RI, Hadiyanto menambahkan, meski masih dalam situasi pandemi Covid, sekarang ini proyek pembangunan fisik sudah bisa dilaksanakan.

” Bisa, boleh, boleh, kan kita berharap anggaran Covid yang tidak terserap dapat dipakai (pembangunan fisik) seperti tadi sudah ada jembatan yang dibangun di desa ini,” imbuhnya. ( Randhu )

Editor : SK