BANGKA BARATHEADLINE

BPCB Jambi Mulai Mengerjakan Tata Pamer Pesanggrahan Menumbing

×

BPCB Jambi Mulai Mengerjakan Tata Pamer Pesanggrahan Menumbing

Sebarkan artikel ini

BANGKA BARAT — Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi akan mengembangkan Bukit Menumbing dengan membangun Tata Pamer Pesanggrahan Menumbing.

Desainnya bahkan telah diposting Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming diakun instagramnya.

Bong Ming Ming mengatakan, Tata Pamer tersebut akan membuat Pesanggahan Menumbing berubah secara signifikan. Pengerjaannya sudah dimulai dan diharapkan rampung pada Desember 2021 mendatang.

” Tata Pamer Menumbing itu memang Insya Allah Desember selesai dibangun oleh BPCB Jambi. Untuk itu kita juga harus merespon apa yang dibuat BPCB Jambi tersebut karena dia akan berubah sangat signifikan,” kata Bong Ming Ming, Selasa ( 26/10 ).

Menurut Bong Ming Ming, dana untuk Tata Pamer tersebut bukan dari APBD Bangka Barat, tetapi dari BPCB Jambi.

Pemda sendiri sedang mempersiapkan Dana Insentif Daerah ( DID ) untuk pengembangan potensi Bukit Menumbing lebih lanjut.

Bong Ming Ming mengatakan, pengembangan yang akan dilakukan antara lain pemanfaatan sumber air yang ada di Menumbing, mengadakan penginapan dan rumah makan, serta pengecatan kolam renang yang ada di puncaknya.

” Insya Allah dengan tidak melanggar aturan aturan yang sudah ada, terus memperbaiki wilayah yang lainnya sehingga kita berharap nanti bahwa Menumbing menjadi salah satu tujuan penting wisata yang ada di Bangka Barat, selain wisata alam tapi menjadi wisata sejarah dan wisata edukasi,” ujarnya.

Wabup menargetkan pengerjaan semua pengembangan tersebut akan rampung tahun 2022. Pemda Bangka Barat juga berharap Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ikut membantu dengan DABA-nya. Hal itu sudah ia bicarakan dengan Gubernur Erzaldi Rosman.

” Kalau Pak Gubernur saya berbincang bincang dengan beliau, beliau sangat support dan dukung. Tata pamer itu bukan hanya di Menumbing tapi Pesanggrahan juga,” katanya. ( SK )