oleh

Budi Utama : Mari Kita Sukseskan Festival Bateng Berliterasi

BANGKA TENGAH — Untuk mensukseskan Festival Bangka Tengah Berliterasi yang akan di selenggarakan pada tanggal 30-31 Oktober 2019. Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, dalam hal ini Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Bangka Tengah, masih terus melakukan persiapan serta pemantapan.

“Kita masih terus melakukan persiapan dan pemantapan agar Festival Bangka Tengah berliterasi berjalan dengan sukses, untuk tempat dan waktunya sudah ditetapkan padang tanggal 30-31 Oktober, sedangkan tempatnya di eks Bandara Lama Pangkalan Baru,” ujar Budi Utama Kepala Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Bangka Tengah, Minggu (27/10/2019).

Dikatakan Budi, Festival Bangka Tengah berliterasi yang di selenggarakan pihaknya ini, bertujuan untuk lebih meningkatkan kecerdasan anak Bangsa dan memerangi kebodohan, serta menarik minat membaca di masyarakat Bangka Belitung khususnya Bangka Tengah.

“Tujuan kita menyelengarakan Festival ini, untuk menarik minat membaca masyarakat, dan memerangi kebodohan serta lebih mencerdaskan lagi anak bangsa, membaca adalah jendela dunia, dengan membaca bisa menghancurkan kebodohan, bila kita rajin membaca buku akan banyak ilmu pengetahuan yang didapatkan dari buku, baik itu tentang sejarah, sosial, budaya, alam, teknologi, dan masih banyak ilmu dan pengetahuan lainnya dari dari buku yang di baca, meningkatakan potensi karya serta kreatif anak, dalam menumbuh kembangkan minat baca, para Guru dan masyarakat di Kabupaten Bangka Tengah,” tuturnya.

Dilanjutkan Budi, selama dua Hari pelaksaan. Festival Bangka Tengah Berliterasi akan di isi oleh rangkaian kegiatan dan perlombaan.

“Hari pertama Festival Bangka Tengah Berliterasi, akan ada peluncuran Bangka Tengah Berliterasi, lalu dilanjutkan dengan acara Talk Show bersama pendiri literasi Nasional ibu Dra. Pangesti Wiedarti, Ph.D, setelah itu di lanjutkan lomba bagi anak – anak yaitu, menggambar dan mewarnai Flora dan Fauna khas Bangka Belitung, serta lomba menulis pantun bahasa daerah,” lanjutnya.

“untuk rangkaian hari kedua, festival Bangka Tengah Berliterasi akan di isi oleh kegiatan, diantaranya, sosialisasi Gemar makan Ikan, lomba menulis karya ilmiah tentang literasi pendidikan, lomba menulis cerita, melukis flora fauna, serta mengenal asal usul Desa yang ada di Bangka Tengah,” terangnya.

Ditambahkan Budi, untuk kategori kegiatannya di buat bermacam-macam kategori yang bisa di ikuti, dan semuanya tanpa di pungut biaya alias gratis.

“Ada berbagai kategori yang bisa di ikuti, mulai dari tingkat Sekolah Dasar, SMP, Guru, Aparatur negara, perangkat desa dan masyarakat umum, jadi para peserta bisa memilih sesuai kategori perlombaan,” ucapnya Minggu (28/10/2019) di Koba.

Dirinya berharap dukungan dari semua pihak agar kegiatan Festival Bangka Tengah Berliterasi Tahun 2019 Kabupaten Bangka Tengah berjalan dengan sukses dan lancar.

“Saya harapkan dengan kegiatan ini dapat menumbuh kembangkan minat baca masyarakat Bangka Tengah karena dengan membaca akan merusak kebodohan mu, kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan festival Bangka Tengah Berliterasi, kita,” pungkasnya. (Yan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed