oleh

Bukan Hanya Mempercantik, Bollard Juga Sebagai Pelindung Bagi Pejalan Kaki

PANGKALPINANG — Kota Pangkalpinang semakin hari terus bersolek mempercantik diri, menandakan keseriusan Pemkot menata Kota dalam upaya mewujudkan Kota Pangkalpinang sebagai Kota Beribu Senyuman.

Di sekitar Jalan Merdeka dan Taman Wihelmina terpasang Bollard (Bola Beton) dengan warna hijau yang mempercantik dan memperindah Ibu Kota Provinsi Bangka Belitung.

Menurut Kabid Permukiman Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kota Pangkalpinang M Belly Jawari, ST, M.Si, seizin Kepala Dinas Mie Go, ST bahwa membangun Pedestrian dengan Bollard agar Kota Pangkalpinang ramah bagi pejalan kaki sesuai visi misi Walikota Pangkalpinang.

“Penataan Alun Alun dan Taman Wihelmina ada sekitar 307 Bollard, itu adalah street furniture dan berfungsi sebagai pembatas antara pejalan kaki dan kendaraan,” ungkap Belly, Rabu (27/11/2019).

Lanjutnya, Belly menjelaskan fungsi Bollard tersebut sebagai pembatas untuk kenyamanan para pejalan kaki, walaupun terjadi kecelakaan itu tidak ada masalah, karena yang dilindungi adalah para pejalan kaki bukan kendaraannya.

“Bollard itu bentuknya bermacam macam, ada yang bulat terbuat dari beton, ada juga persegi panjang yang terbuat dari besi dan fungsinya sebagai pembatas untuk kenyamanan para pejalan kaki, walaupun ditabrak oleh motor dan mobil itu tidak ada masalah karena yang kita lindungi adalah pejalan kaki bukan kendaraannya,” jelasnya.

Untuk tahun 2019, ada sekitar 1000 Bollard yang terpasang di beberapa titik Kota Pangkalpinang dengan berbagai aneka warna.

Sedangkan tahun depan dalam rangka penataan taman publik dan pedestrian , Belly mengungkapkan selain akan menambah Bollard juga akan menambahkan lampu taman, pohon peneduh dan tanaman-tanaman hias serta bangku taman supaya pedestrian dan Taman Kota Pangkalpinang lebih menarik dan nyaman. (Mg/1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed