Bupati Bangka Barat Serahkan Uang Pembinaan kepada Perpustakaan Puput Lestari

HEADLINE155 Dilihat

BANGKA BARAT – Bupati Bangka Barat, Markus, SH, melakukan kunjungan ke Perpustaan Puput Lestari di Desa Puput Kecamatan Parittiga, Rabu ( 16/4/2019 ) sore.

Didampingi Sekda Yunan Helmi, Dandim 0431 Bangka Barat, Letkol Arm. Bontar Karo Karo, staff ahli, asisten dan segenap Kepala OPD, Bupati dan rombongan disambut Kepala Perpustakaan Puput Lestari, Ariyanto dan Kades Desa Puput.

Perpustakaan Puput Lestari merupakan perpustakaan terbaik yang berhasil meraih juara pertama Lomba Perpustakaan tingkat Kabupaten Bangka Barat. Tanggal 18 April 2019 mendatang, perpustakaan yang berdiri tahun 2018 ini akan mewakili Kabupaten Bangka Barat di tingkat provinsi.

Meskipun baru berusia satu tahun, Perpustaakan Puput Lestari telah mengoleksi kurang lebih 1000-an buku dengan jumlah pengunjung rata – rata 300-an per bulan.

Dalam kesempatan ini, Bupati Bangka Barat juga menyerahkan uang pembinaan sebesar Rp. 2000.000 kepada Perpustakaan Puput Lestari.

Markus dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Bangka Barat mendukung dan mengapresiasi segala program yang dimiliki perpustakaan ini.

” Dengan program – program yang dimilikinya, saya yakin dapat meningkatkan minat baca masyarakat Bangka Barat terutama di Desa Puput sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kecamatan Parittiga,” ujar Markus.

Disamping itu kata Bupati, dengan pesatnya perkembangan dan kemajuan Perpustakaan Desa Puput Lestari beserta program – programnya yang menyentuh seluruh lapisan masyarakat, maka Perpustakaan Puput Lestari bisa menjadi contoh perpustakaan lainnya yang ada di seluruh Bangka Barat .

Kepala Perpustakaan Puput Lestari, Ariyanto, menjelaskan program – program mereka selama seminggu penuh yang terus dijalankan secara berkesinambungan.

” Yang pertama kami hari Senin itu ada Senin Ceria untuk mewarnai bagi anak – anak sekolah PAUD, yang kedua melukis dan mewarnai dan yang ketiga hari Rabu Bahasa Inggris Asik, hari Kamis Cerdas Komputer, hari Jumat kami ada mobil keliling yang melayani seluruh masyarakat untuk membaca, lalu hari Sabtu kami ada kegiatan pesan antar jemput artinya masyarakat meminta buku kepada RT dan diteruskan kepada kami sebagai perpustakaannya dan hari Minggu ada Literasi Pantai,” paparnya kepada wartawan.

Kegiatan tersebut kata dia, dijalankan oleh pengurus yang saling bekerjasama antara Ketua, Sekretaris, Bendahara dan Kasi yang membagikan tugas pokok dan fungsinya untuk merangkul masyarakat.

” Kami bersama – sama merangkul masyarakat mulai dari anak sekolah melalui program – program yang dapat membuat masyarakat Puput atau masyarakat luas menjadikan minat baca itu bagian dari kehidupan masyarakat,” pungkasnya. ( SK )

Tinggalkan Balasan