BANGKA SELATANHEADLINE

Bupati Basel Siap Patuhi Mendagri

×

Bupati Basel Siap Patuhi Mendagri

Sebarkan artikel ini

BANGKA SELATAN — Bupati Kabupaten Bangka Selatan, Riza Herdavid memastikan pihaknya tidak akan menggelar open house atau Halal Bihalal pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H tahun 2021.

Hal tersebut berkaitan Mendagri, Tito Karnavian menerbitkan surat edaran yang melarang kepala daerah menggelar open house serta membatasi kegiatan buka puasa bersama.

“Ya, tentunya sejak dikeluarkan surat edaran dari Menteri Dalam Negeri tidak akan dilakukan Halal Bihalal di rumah dinas sebagai mana biasanya disaat situasi normal dan memang sudah tidak dilakukan lagi safari Ramadhan,” ujar Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid dikonfirmasi KabarBangka, Rabu (5/5/21).

Menurut Riza, panggilan akrab Bupati bahwa keputusan untuk menghentikan kegiatan Tim Safari Ramadhan setelah mencermati kasus Covid 19 yang cenderung meningkat di berbagai wilayah di Indonesia.

Karena adanya situasi dan kondisi tersebut, maka pemerintah pusat melakukan berbagai langkah pencegahan, termasuk safari Ramadhan dan kegiatan lainnya untuk menekan laju penularan Covid 19.

“Setelah sholat Idul Fitri di lapangan terbuka, tidak ada Halal Bihalal secara masif bahkan untuk acara open house di pendopo. Kewaspadaan harus tetap dilakukan agar pandemi Covid-19 segera berakhir,” pungkas Riza.

Sebagaimana diketahui, Mendagri Tito menerbitkan surat edaran baru untuk kepala daerah. SE 800/2794/SJ itu tentang Pembatasan Kegiatan Buka Puasa Bersama pada Bulan Ramadhan dan Pelarangan Open House/Halal Bihalal pada Hari Raya Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021.

Yang mana, isinya diminta kepada Gubernur, Bupati/Walikota mengambil langkah-langkah melakukan pembatasan kegiatan buka puasa bersama, tidak melebihi dari jumlah keluarga inti ditambah 5 orang selama bulan Ramadhan 1442 H/Tahun 2021.

Dalam surat edaran isi poin 1b menginstruksikan kepada seluruh pejabat/ASN di daerah, dilarang melakukan open house/Halal bi Halal dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 H/Tahun 2021.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga meminta para menteri Kabinet Indonesia Maju tidak mengadakan buka puasa bersama. Selain itu, Jokowi meminta jajarannya tak menggelar open house saat Lebaran. (Yusuf)

READ  Bupati Riza Bidik Vaksinasi 70 Persen