oleh

Caleg Yang Melarang Caleg Lain Berkampanye, Bisa Dipidana!

BANGKA — Koordinator Divisi Hukum, Penindakkan, Pelanggaran dan Sengketa Pemilu, Badan Pengawas Pemilu Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka, Irwandi Pasha mengatakan, kalau ada Caleg yang melarang Caleg lain berkampanye bisa dipidanakan.

Ungkapan tersebut disampaikan Irwandi Pasha, pada acara Rapat Umum Bawaslu Kabupaten Bangka di Ruang Sidang Bawaslu, Selasa (27/3/2091) pagi.

“Beberapa hari yang lalu kita ada kejadian, dimana ada Caleg yang mau berkampanye di salah satu daerah pemilihan, namun dilarang oleh peserta Caleg juga karena merasa itu kampungnya. Sedangkan Caleg yang mau berkampanye itu sudah mengantongi surat tanda terima pemberitahuan (STTP) kampanye dari pihak Kepolisian. ini tidak bisa dilarang, karena kampanye adalah hak bagi peserta pemilu, kalau terjadi bisa dipidana sesuai Pasal 491 Undang-undang nomor 7 tahun 2017,” ungkap Irwandi Pasha.

Koordinator Divisi Hukum itu juga menginformasikan, bahwa Kabupaten Bangka tertinggi jumlah pengajuan STTP se Provinsi Bangka Belitung.

“Alhamdulilah, kesadaran berpolitik Kabupaten Bangka luar biasa. Ini dibuktikan banyaknya STTP yang dikeluarkan pihak kepolisian, sebanyak 281 pertanggal (13/3/2019),” tukasnya.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Divisi Humas Dan Pengawasan Bawaslu Kabupaten Bangka, Zulkipli mengatakan, saat kampanye masih banyak anak – anak yang menggunakan atribut kampanye dilokasi kampanye.

“Dari pengawasan kita di titik kampanye, masih banyak anak – anak yang terlibat dengan memakai baju kampanye, secara aturan ini tidak dibenarkan,” katanya.

Nampak hadir pada acara tersebut Perwakilan Polres Bangka, KPU Bangka, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Bangka Belitung, Bawaslu Kabupaten Bangka, LO Partai Politik, serta LO Caleg. (AR77)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed