oleh

Cegah Penyebaran COVID-19, Bawalu Bateng Gandeng Dinkes

BANGKA TENGAH — Dalam rangka menindaklanjuti instruksi Badann Pengawas Pemilihan Umum RI dan Bawaslu Provinsi Kepukauan Bangka Belitung dalam mencegah penyebaran Covid-19, Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah melakukan sejumlah langkah antisipasi.

Selain melakukan proteksi kebersihan terhadap lingkungan kantor, Bawaslu Kabupaten Bateng juga berkoordinasi dengan menyurati Dinas Kesehatan Kabupaten Bateng.

Menindaklanjuti surat Bawaslu Kabupaten Bateng tersebut, sejumlah petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bateng pada Rabu (18/03/2020) siang, berkunjung langsung ke Kantor Bawaslu Kabupaten Bateng guna memberikan sosialisasi dan edukasi cara membersihkan tangan yang benar dan tepat kepada pimpinan dan Staf Bawaslu Kabupaten Bateng.

Selain itu, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Bateng juga memberikan satu kotak masker dan satu botol hand sanitizer.

Kedatangan sejumlah petugas knjljn disambut langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Bateng Robianto didampingi Anggota Muhamad Utoyo dan Koordinator Sekretariat Indra Gunawan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, Robianto mengatakan bahwa sebelumnya Bawaslu Bateng sudah menerima Surat Edaran Sekretaris Jenderal Badan Pengawas Pemilihan Umum Nomor : 0706/Bawaslu/SJ/KP.10.00/III/2020 tanggal 12 Maret 2020 perihal Himbauan Pencegahan Penularan COVID-19 (CORONA VIRUS DISEASE 2019).

Untuk itu, Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah dalam rangka melakukan pencegahan terhadap penyebaran COVID-19, langsung berkirim surat kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah untuk memfasilitasi permintaan masker dan hand sanitizer guna antisipasi pencegahan penularan COVID-19 (CORONA VIRUS DISEASE 2019).

“Hari ini kita kedatangan perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah. Mereka memberikan edukasi terkait pencegahan COVID-19 (CORONA VIRUS DISEASE 2019, mulai dari cara mencuci tangan yang benar, penggunaan masker yang tepat, hingga anjuran lainnya sesuai standar dari Kementerian Kesehatan,” ujarnya.

Ia pun mengucapkan terima kasih atas respon cepat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bateng dalam menyikapi permintaan pihaknya beberapa hari sebelumnya.

“Alhamdulillah, respon Dinas Kesehatan kita sangat cepat. Baru Senin kemarin kita layangkan surat, hari ini (Rabu) sudah ditindaklanjuti dengan datang langsung ke kantor. Semoga dengan upaya yang kita lakukan ini, kita selalu diberikan kesehatan dan yang terpenting juga menjaga pola makan, olahraga, dan istirahat yang cukup,” imbuhnya.

Sementara itu, perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Bateng Mahfud menyampaikan upaya pencegahan lebih penting untuk dilakukan. Apalagi mengingat seorang Pengawas Pemilihan lebih banyak bertugas di luar kantor, sehingga proteksi diri dalam menjaga kebersihan dan kesehatan harus benar-benar dilakukan.

“Sekarang ini kita berikan masker dan hand sanitizer. Tapi, harap diingat, prioritaskan penggunaan masker bagi yang sakit saja. Kita harus berhati-hati terhadap masalah ini. Selain ketersediaan yang sangat minimal, memang masker ini digunakan saat kondisi yang dibutuhkan saja. Demikian juga dengan pembersih tangan antiseptik, pemakaiannya harus benar agar tangan kita steril,” jelas Mahfud.

Dalam kesempatan itu disampaikan sosialisasi 6 langkah membersihkan tangan dengan benar. Pembersihan tangan dengan hand sanitizer dilakukan minimal 20 detik dan maksimal 30 detik dengan 6 langkah pembersihan sehingga benar-benar steril. Disampaikan juga bahwa hand sanitizer hanya bertahan untuk 20 menit saja. Selain itu, juga disosialisasikan membersihkan tangan dengan sabun. (Rilis)

Sumber: Humas Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed