oleh

Darlan Buka Focus Group Kepariwisataan

PANGKALPINANG — Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, melalui diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Babel, Darlan mengatakan, Perangkat Daerah yang ada di Lingkungan Pemprov Babel maupun Kabupaten / Kota, diharapkan membuat terobosan dalam Pemasaran Pariwisata di Era Milenial ini.

Selain itu, juga diharapkan partisipasi aktif dari semua stakeholder pariwisata serta masyarakat. Hal itu disampaikan Darlan dalam sambutannya pada Pembukaan Forum Group Discussion Pengumpulan Informasi Tentang Pengembangan Kepariwisataan Babel, di Gedung Mahligai Serumpun Sebalai, Selasa (19/2/2019).

Dikatakan Asisten Administrasi Umum, dalam pengembangan pariwisata ini, sebaiknya terus belajar dan mengkaji karakteristik Wisatawan Nusantara dan Mancanegara.

Melalui FGD Kepariwisataan ini, menurut Asisten Setda, diharapkan dapat mengembangkan formulasi dan menguatkan strategi Pemasaran Pariwisata Babel berkelanjutan, karena melibatkan para pemangku kepentingan pariwisata yang ada.

Dengan FGD ini pula, ditambahkannya, akan membangkitkan semangat dalam memasarkan Pariwisata yang berkelanjutan dan komprehensif, sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisata di Babel sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, dalam paparannya, Staf Khusus Gubernur Babel Bidang Pariwisata yang juga merupakan Presiden dari World Marketing Association dan Founder, serta selaku Presiden dari Mark Plus, Inc., Hermawan Kartajaya, menyampaikan apresiasi dan rasa kagumnya kepada Gubernur Babel yang ngotot sekali untuk mengembangkan Pariwisata.

Ia menjelaskan, dalam Pengembangan Pariwisata suatu daerah dibutuhkan Strategi Thinking yang bagus. Secara Hirarki, dikatakannya, Pemerintah Pusat mempunyai tugas untuk Branding, Pemerintah Tingkat I mendatangkan Costumer, dan yang punya Destinasi adalah di tingkat II (Kabupaten / Kota), dengan melihat segi Ekonomi, Politik dan Kultur Sosial masyarakatnya.

Dalam Pariwisata ini, pihaknya mengembangkan Destination Marketing and Management Organization. Dimana Pemasaran merupakan hal yang pertama dan paling penting untuk dilakukan.

“Pemasaran itu meliputi segmennya siapa, positioningnya bagaimana, komunikanya apa. Kalau itu sudah benar baru di manage. Inilah yang akan dilakukan sebagai Strategy Thinking untuk mengembang Pariwisata Babel yang saat ini, telah mendapat Kawasan Ekonomi Khusus yang dapat dijadikan unggulan Pariwisata, disamping menggugah kesadaran dari masyarakatnya,” ujarnya.

Ikut Hadir dalam kegiatan ini, Anggota DPD RI asal Babel, Bahar Buasan, Kepala Dinas Pariwisata Babel, Rivai, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia Bangka Belitung, Johan Ridwan Hasan, dan unsur terkait lainnya. (Red)

 

Sumber : Humas Pemprov Babel

Editor : Romlan

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed