oleh

Dedi Terancam 15 Tahun Penjara

BANGKA — Tim Satuan Tugas penanganan kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla, telah mengamankan Dedi Irawan (42), warga Kelurahan Kuto Panji, Kecamatan Belinyu, lantaran diduga melakukan pembakaran hutan di Belinyu, pada Minggu (22/09/2019) lalu.

Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono menyatakan, tersangka Dedi diduga sengaja membakar hutan di sekitar Air Panas Dusun Stasiun VI, Desa Gunung Pelawan, Kecamatan Belinyu.

“Tim Satgas Bersama Penanganan Karhutla, telah mengamankan Dedi Irawan, yang patut diduga sengaja melakukan pembakaran hutan di lokasi Air Panas Desa Gunung Pelawan, Kecamatan Belinyu,” ungkap AKBP Aris Sulistyono, saat konferensi pers di Posko Bersama Satgas Karhutla, Selasa (24/09/2019) petang.

AKBP Aris Sulistyono melanjutkan, Dedi membakar hutan menggunakan satu buah korek api gas, yang disulut ke semak-semak. Akibat perbuatan Dedi, lebih dari 10 hektar hutan ikut terbakar.

“Tersangka Dedi dikenakan Pasal 78 ayat (3) Juncto Pasal 50 ayat (3) huruf D Undang-Undang RI Nomor 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan, dengan ancaman hukuman penjara paling lama 15 tahun penjara dan atau Pasal 187 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya 12 tahun,” jelasnya.

Kepala Kejaksaan Negeri Bangka, Rieke Jeffri Huwae, yang turut hadir pada konferensi pers menyatakan, sebagai bagian dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, dirinya sangat mengapresiasi Satgas Bersama Penanganan Karhutla, yang sudah melakukan langkah-langkah preventif dan refresif.

“Saya sebagai bagian dari masyarakat Bangka, khususnya kepada Saudara Dedi, anda lihat berapa banyak sumber daya yang keluar, cuma untuk memadamkan api yang bersumber dari satu korek api?” ujarnya.

Kajari Bangka itu juga berpesan kepada tersangka Dedi, agar mengakui secara terbuka kepada penyidik, tentang latar belakang dia melakukan pembakaran hutan.

“Betapa berdosanya kita, hanya karena ingi mendapatkan kenikmatan buat keluarga, kita harus mengorbankan harkat hidup orang lain,” demikian Kajari.

Konferensi Pers itu dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Bangka, Kepala Kejaksaan Negeri Bangka, Danramil Sungailiat, Kabag Ops Polres Bangka, Kepala Dinas Pertanian dan Kasat Pol PP Kabupaten Bangka, juga Kasi Pidum Kejari Bangka. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed