PANGKALPINANG — Walikota Pangkalpinang, H. Maulan Aklil, menghadiri Rapat Paripurna Kesepuluh Masa Persidangan I Tahun 2020. Kamis (17/12/2020), di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Pangkalpinang.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Kota Pangkalpinang ini mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pansus 7 dan Pansus 8 yang telah bekerja dan membahas bersama dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang atas dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) yang telah diajukan.

Adapun Raperda yang telah diajukan Pemkot Pangkalpinang kepada DPRD Kota Pangkalpinang terdiri atas :

1. Raperda Kota Pangkalpinang tentang Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan.

2. Raperda Kota Pangkalpinang tentang Pengarusutamaan Gender.

Lanjutnya, adapun tujuan dari Raperda tersebut untuk :

a. Menjamin terpenuhinya hak perempuan agar dapat hidup dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan.
b. Memberikan keadilan dan kesetaraan gender.
c. Memberikan perlindungan dan rasa aman bagi perempuan korban kekerasan dan diskriminasi, serta tindak pidana perdagangan orang.
d. Menghapus segala bentuk kekerasan dan diskriminasi terhadap perempuan.
e. Memberikan pelayanan kepada perempuan korban kekerasan dan saksi.
f. Melakukan pemulihan terhadap perempuan korban kekerasan meningkatkan peran serta perempuan baik secara individual maupun kelompok sebagai potensi dan sumber daya dalam penyelenggaraan hidup sosial kemasyarakatan.

Dikatakan pria yang akrab disapa Molen ini bahwa dalam rangka perlindungan dan sarana aktualisasi diri perempuan dalam masyarakat di Kota Pangkalpinang perlu adanya suatu Peraturan Daerah yang mengatur tentang pemberdayaan dan perlindungan perempuan.

“Dan tentunya diharapkan dapat meningkatkan kemampuan kaum perempuan dalam setiap kegiatan pembangunan di Kota Pangkalpinang,” ucap Molen.

Ia pun berharap dengan disahkannya Peraturan Daerah Kota Pangkalpinang tentang Pengarusutamaan Gender, Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Pangkalpinang dapat memberikan pelayanan melalui upaya-upaya strategis sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang diemban. (Iqbal)

Tinggalkan Balasan