oleh

Di Pasar Kite, Daging Sapi Dan Ayam Negatif Formalin

 15 total views

BANGKA — Dinas Pangan Kabupaten melakukan pemeriksaan daging sapi dan ayam di Pasar Kite, Sungailiat, Kamis (09/05/2019). Pemeriksaan tersebut bekerjasama dengan laboratorium Dinas Pangan Provinsi Babel.

Pemeriksaan tersebut langsung dipimpin oleh Kepala Dinas Pangan Bangka, Kemas Arfani Rahman, untuk mengambil tiap-tiap sampel daging sapi maupun ayam yang dijual di pasar tersebut.

Dari 21 sampel yang ada, semuanya layak dikonsumsi dan tidak terdapat kandugan zat kimia maupun pengawet.

“Total sampel kita ada 21, lima daging sapi dan 16 daging ayam, dan semuanya dalam keadaan baik dan sehat, karena tidak ditemukan adanya kandungan formalin dan zat pengawet lainnya, glonggongan maupun tiren,” ungkapnya.

Pengecekan daging tersebut merupakan upaya pihaknya untuk memastikan daging-daging yang beredar di Kabupaten Bangka layak untuk dikonsumsi.

“Pengecekan ini menyangkut keamanan konsumsi kita selama Ramadhan ataupun Idul Fitri mendatang. Dan Alhamdulillah dari hasil hari ini, semuanya aman dan layak dikonsumsi,” jelasnya.

Selain Pasar Kite, tim juga akan melakukan pengecekan daging sapi dan ayam dipasar-pasar lainnya di Sungailiat.

“Kita juga akan lakukan di Pasar Kenanga, Pasar Inpres, dan pasar lainnya di Sungailiat,” imbuh Dia.

Ia juga mengatakan, akan melakukan inspeksi langsung ke tempat pemotongan sapi jika menemukan daging yang mengandung zat-zat berbahaya, ataupun sudah tidak layak konsumsi lagi.

“Pengecekan ini kita lakukan secara langsung jadi hasilnya juga langsung keluar, jadi jika ada yang aneh kita langsung tanya ke penjualnya dan lihat pemotongannya, kita akan inspeksi kesana,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pengecekan harga pangan yang beredar di pasar tersebut.

“Harga-harga juga masih stabil, laporan dari supplier masih aman, baik sapi dan ayam termasuk juga telur,” tukasnya. (Red/3)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed