oleh

Didit : UKW Itu Penting

PANGKALPINANG — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Didit Srigusjaya, menyatakan tidak mempermasalahkan lembaga manapun yang melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan. Menurutnya, itu bukan ranah dewan.

Demikian disampaikan Didit Srigusjaya, usai menerima Audiensi sejumlah wartawan di ruang kerjanya, pada Senin (9/12) siang.

“Kami tidak pernah mempermasalahkan lembaga manapun yang melaksanakan UKW, silahkan! Kami tidak ikut campur, ingat itu! Karena itu bukan ranah kami (DPRD)” tegasnya.

Dia kembali menegaskan, bahwa UKW itu penting untuk menguji Kompetensi Wartawan. Terkait teknis pelaksanaan UKW, lanjut Didit, hal itu tergantung Peraturan Gubernur Bangka Belitung.

“UKW itu penting untuk menguji kompetensi wartawan. Soal teknis pelaksanaannya, tergantung Pergub. Selagi Pergub itu tidak diubah, berarti ya, silahkan! Tetapi kalau Pergub diubah, maka otomatis ditunda,” kata politisi yang sudah 2 periode menjabat Ketua DPRD Provinsi Babel itu.

Didit menyayangkan, adanya perbedaan pandangan terkait Pergub tersebut di antara OPD di lingkungan Pemprov Babel.

“Kami sayangkan, antara OPD juga beda pandangan terkait (Pergub) itu. Yang jelas bagi DPRD pengawasan anggarannya. Bahkan kami akan ke Dewan Pers untuk menanyakan keabsahannya,” tukasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Kominfo Pemprov Babel, Sudarman, juga menegaskan bahwa UKW yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat mengacu kepada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers, dan Peraturan Dewan Pers Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Standar Kompetensi Wartawan.

“Dasar pelaksanaan UKW ini mengacu kepada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers, dan Peraturan Dewan Pers Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Standar Kompetensi Wartawan. Oleh karena itu, kami hanya bekerja sama dengan lembaga penguji resmi yang sudah terverifikasi di Dewan Pers,” tegas Sudarman di ruang kerjanya, Senin petang. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed