oleh

Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Bateng Dapat Bantuan Mobil

BANGKA TENGAH — Untuk menunjang kinerja serta memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat dalam meningkatkan minat membaca.

Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bangka Tengah mendapat bantuan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, berupa satu unit kendaraan operasional perpustakaan keliling.

Bantuan kendaraan operasional perpustakaan keliling tersebut diberikan Perpustakaan Nasional Ri, setelah Rombongan Komisi I DPRD Bangka Tengah melakukan kunjungan kerja ke Perpustakaan Nasional, Jum’at (18/10/2019) lalu.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional, Drs Muh. Syarif Bando, MM, didampingi Kepala Deputi bidang pengembangan sumber daya perpustakaan Dra. Woro Titi Haryanti, MA kepada ketua Komisi I DPRD Bangka Tengah, Pahlevi Sjahrun.

“Ini salah satu upaya kita untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan minat baca masyarakat, dan untuk melawan kebodohan, karena membaca adalah jendela dunia,” ujarnya.

Ia menjelaskan meningkatkan minat baca ini berarti harus ada tumbuh perpustakaan desa dan harus banyak macam-macam buku bacaan dan fasilitas-fasilitas pendukung lainnya.

“Salah satu upaya untuk merangsang minat baca tadi adalah dengan adanya mobil perpustakaan keliling karena dengan begitu jangkauannya bisa lebih jauh dan desa-desa yang tidak ada perpustakaannya dapat dilayani oleh kendaraan pusling ini dan kita sampaikan langsung kepada kepala pusat perpustakaan Nasional RI,” ungkapnya.

Ia mengatakan dalam pertemuan dengan Kepala Perpustakaan Nasional RI tersebut, Pihaknya menyampaikan bahwa rentang jarak suatu desa ke perpustakaan daerah tersebut cukup jauh maka pihaknya mengajukan bantuan kendaraan operasional Pusling tersebut.

“Mendengar penjelasan dan antusias DPRD Bangka Tengah begitu mensupport perpustakaan, kepala perpustakaan Nasional RI langsung menawarkan kendaraan operasional Pusling itu tapi dengan syarat harus diurus dan dirawat, Kita ingin menghidup dan kembangkan juga komunitas-komunitas minat baca diluar pemerintah dalam rangka memperluas ruang minat baca masyarakat,” sebutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpuskaan Bangka Tengah, mengucapkan terimakasih kepada pihak Komisi I DPRD dan Wakil Bupati Bangka Tengah, Yuliyanto Satin, yang telah membantu pihaknya, sehingga bisa mendapatkan bantuan kendaraan Perpustakaan Keliling.

“Kami selaku Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bangka Tengah beserta staff, mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya atas bantuan serta perjuangan bapak ibu mendapatkan bantuan mobil Perpustakaan Keliling ini. Semoga apa yang di lakukan bapak ibu mendapatkan balasan serta keberkahan dati Allah SWT,” ucapnya. (Yan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed