oleh

Dinkes Babar Masih Terbentur Beberapa Kendala Tangani Covid – 19

BANGKA BARAT — Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat telah mengantisipasi kemungkinan pasien terserang virus Corona dengan menyiapkan seluruh surveillance di setiap Puskesmas guna memantau penyebaran Covid – 19.

Meskipun masih ada beberapa kendala, namun pihak Dinkes Bangka Barat menggandeng pihak Kesehatan di Pelabuhan untuk melakukan langkah – langkah pencegahan.

” Cuma kita masih ada kendala, kalau memang betul ada kasus, alat pelindung diri kita belum maksimal, tapi kita tetap bekerja sama dengan Kepala Kesehatan Pelabuhan yang ada di Muntok, baik termasuk pengiriman pasien, mereka sudah siapkan ambulan, dan standard kita paling minimal lah tidak maksimal kita mencoba berbuat sesuatu lah,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, drg. Achmad Syarifudin diruang kerjanya, Senin ( 16/3/2020 ) siang.

Achmad lebih lanjut menjelaskan, upaya lain yang akan dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid – 19 yaitu pihaknya akan mengevaluasi event – event pariwisata Bangka Barat yang akan dilaksanakan ke depan. Bila ada himbauan untuk ditunda, event – event tersebut akan ditunda.

” Tetapi untuk acara yang sifatnya tidak bisa kita tunda ya kita laksanakan, minimal kita harus meminimalisir, pemantauan suhu badan harus kita lakukan. Kita belum ada pengukur suhu itu masih kita proses pengadaan, cuma kondisinya stock kosong secara nasional. Ini juga menjadi penghambat kita dalam deteksi dini kasus,” bebernya.

Namun kendati pihak Dinkes masih terkendala alat pengukur suhu badan, menurut Plh. Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit ( P2P ) Arsul Sani, pihaknya menggunakan alat pengukur suhu badan milik Kantor Kesehatan Pelabuhan ( KKP ).

” Kita kan ada dua pintu masuk, di Muntok ada di Pelabuhan, itu KKP kita sudah siap itu ada alat untuk deteksi suhu, nah kemarin karena Puskesmas Muntok itu yang terdekat dan memang kita juga keliling maka kita gunakan itu, jadi cukup memadai lah,” ujarnya. ( SK )

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed