oleh

Dinkes Bangka Punya Laboratorium

 25 total views

Untuk Cek Kualitas Air Dan Makanan

BANGKA — Laboratorium Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka merupakan laboratorium yang berfungsi dalam dalam hal pelayan kesehatan. Yaitu sebagai upaya kesehatan masyarakat, dan usaha kesehatan perorangan, yang berupa pencegahan dan pemberantasan penyakit, penyediaan pengelolaan air dan penyehatan pemukiman, serta kegiatan lain yang ada diwilayahnya sesuai dengan PERMENKES RI Nomor : 1267/MENKES/2004.

Standar pelayanan Laboratorium Dinas Kesehatan dimaksudkan untuk merencanakan peningkatan dan pengembangan pelayan kesehatan laboratorium.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, dr.Then Suyanti dikantornya, pada Kamis (27/06/2019).

“Adanya laboratorium Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka ini, yakni bertujuan untuk peningkatan kualitas mutu air dan makanan,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, bagi masyarakat yang ingin memeriksakan kualitas air yang digunakan dalam kegiatan sehari-hari di rumah, bisa untuk melakukan pemeriksaan di laboratorium yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka ini.

“Kepada masyarakat yang mungkin masih ragu dengan air atau makanan yang biasa di konsumsi sehari-hari, bisa untuk datang langsung ke laboratorium ini tanpa harus jauh-jauh ke Kota Pangkalpinang, sebab sekarang kita sudah ada lab sendiri,” jelasnya.

Adapun syaratnya cukup mudah, cukup datang mendaftar dan melakukan registrasi, kemudian membayar sesuai dengan parameter yang ingin diperiksa. Setelah menunjukkan bukti pembayaran petugas akan mengambil sampel ke tempat pelanggan. Sampel yang diambil kemudian diperiksa di laboratorium untuk pemeriksaan air maximal tujuh hari hasil sudah bisa diterima, dan untuk makanan maximal tiga hari hasil sudah bisa diterima.

Kemampuan pemeriksaan laboratorium Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, meliputi beberapa jenis dan biaya pun sudah diatur oleh Perda.

Untuk pemeriksa air parameter yang diperiksa kimia, fisika, bakteriologis

Pemeriksaan air minum terdiri 21 parameter dengan biaya Rp 591.500;-

Pemeriksaan air besih terdiri 19 parameter dengan biaya Rp. 461.000;-

Pemeriksaan kolam renang tergantung dari parameter yang diperiksa.

Dan untuk pemeriksaan makanan akan menggunakan metode Rapid Test.

Kemudian untuk pemantauan mutu laboratorium Dinkes Kabupaten Bangka sendiri ,kami akan melakukan uji banding hasil pemeriksaan ke laboratorium lain yang sudah terakreditasi, dan kami akan secara rutin melakukan kegiatan pemantauan mutu eksternal,” demikian dr.Then. (Sho/Mg)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed