oleh

Disdikbud Basel Promosikan Pariwisata Basel Lewat Festival Junjung Besaoh

 17 total views

BANGKA SELATAN — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menggelar Festival Junjung Besaoh di Pantai Laut Nek Aji, yang berlangsung 24-26 Juni 2019 dengan tujuan melestarikan sekaligus mempromosikan budaya lokal serta kearifan Bumi Junjung Besaoh ke tingkat Nasional maupun Internasional.

Plt, Kepala Disdikbud Basel, Ramdani mengatakan Pemerintah Daerah maupun masyarakat wajib untuk menjaga kelestarian budaya lokal, diharapkan masyarakat Basel terus menjaga dan melestarikan kebudayaannya sampai anak cucu kelak.

“Budaya di Bangka Selatan tugas kita yang harus terus kita jaga dan kawal khususnya bagaimana menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan generasi muda sebagai pelaku kesenian,” kata Ramdani kepada wartawan, pada Rabu (26/06/2019).

Menurutnya, generasi muda menjadi generasi penerus dalam melestarikan kebudayaan lokal dan ikut serta dalam mempromosikan pariwisata di Basel khususnya, adapun generasi muda selalu menjaga, mengembangkan dan ditingkatkan kebudayaan di Basel.

“Generasi muda sebagai pelaku kesenian untuk melanjutkan estafet generasi keseniaan lokal yang dapat menjadi warisan kepada anak cucu kita nanti,” ujarnya.

Sopian selaku Kabid Kebudayaan menambahkan, pelaksanaan festival junjung besaoh merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Disdikbud Basel, khususnya bidang kebudayaan.

“Tujuan dari pelaksanaan festival junjung besaoh ini untuk melestarikan budaya tradisional agar pemuda tidak melupakan tradisi kebudayaan tradisional yang ada di Basel serta ikut mempromosikan ke tingkat nasional maupun internasional” kata Sopian.

Ia juga menuturkan, pada festival junjung besaoh terdapat pada seni tradisi rudat, dambus, campak, rebana dan tari kreasi yang mana masing-masing peserta mendapat uang pembinaan dan trophy serta pemberian kenangan pada juri.

“Peserta yang ikut festival junjung besaoh diikuti oleh 20 peserta, dari rebana 6 peserta, campak 3 peserta, dambus 4 peserta, rudat 3 peserta, tari kreasi 4 peserta,” ujarnya. (A1M)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed