oleh

Diskominfo Kota Gelar Workshop Statistik Sektoral Tahun 2020

PANGKALPINANG — Sebagai langkah awal agar terciptanya proses pengelolaan data yang akurat, komprehensif dan terintegrasi. Dinas Kominfo Kota Pangkalpinang menggelar Workshop Statistik Sektoral Tahun 2020.

Plt Dinas Kominfo Kota Pangkalpinang, Dedi melalui Seksi Statistik, Nurhayati menjelaskan, kegiatan workshop yang digelar pada Rabu (11/03/20) kemarin merupakan tindaklanjut dari kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) yang dilakukan pada tanggal 12 Februari lalu yang saat itu dibuka langsung oleh Walikota Pangkalpinang.

“Ini merupakan kegiatan lanjutan dalam pengumpulan dan pengolahan data statistik sektoral,” katanya, Jumat (13/03/20).

Menurut Nurhayati, sebelumnya pihak Diskominfo sudah berkomitmen dengan kepala OPD-nya namun untuk saat ini meminta tenaga administrasinya dalam hal pengumpulan dan pengolahan data.

“Yang bekerja secara teknisnya adalah tenaga administrasi dalam hal ini mengumpulkan data maupun mengolah data untuk tahun 2020 ini,” jelasnya.

Lanjut dikatakannya, sebelum mereka melakukan pengumpulan data pihak Diskominfo mengaharapkan data yang terkumpul itu memang data yang benar-benar akurat dan sesuai dengan indikator pembangunan daerah.

“Selain itu ada data-data sektoral yang memang harus sesuai dengan kewenangan OPD mereka masing-masing. Jadi diharapkan supaya tim pokja pengumpul dan pengolah data itu paham dan bisa mengidentifikasi data dari OPD sesuai dengan kewenangannya,” terangnya.

Untuk saat ini lanjutnya, data Tahun 2018 dan Tahun 2019 itu sudah ada namun masih berusaha untuk terus memperbaiki data yang sudah ada dan juga harus sesuai dengan keputusan amanat pemerintah terutama yanga ada di Perpres No 39.

“Diskominfo itu adalah sebagai wali data, sehingga para OPD itu mengumpulkan data Didiskominfo,”ungkapnya.

Data untuk tahun yang lalu saat ini Diskominfo terus memperbaiki, artinya harus terus berbenah dan mengidentifikasi data sebaik mungkin agar data yang dikumpulkan tahun 2020 bisa dibagi pakaikan kepada OPD yang membutuhkan.

Kembali ke kegiatan Workshop yang berlangsung di Puri 56 kemarin kata Nurhayati, untuk hasil dari kegiatan itu jika dibilang 100 persen itu belum, karena itu adalah baru langkah awal untuk mengumpulkan data di tahun 2020.

Artinya, data tahun 2020 ini kami menggunakan empat kali pengumpulan dengan menggunakan triwulan pertama sampai keempat.

“Untuk triwulan 1 berarti mereka mesti mengumpulkan data di bulan 4, dan berikutnya di bulan 7, bulan 10 dan dibulan 12. Dan untuk saat ini Diskominfo masih dalam tahap pengumpulan data ,” tutupnya. (Rilis)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed