oleh

DPRD Kabupaten Batang Kunjungi Kabupaten Bangka Tengah

 18 total views

BANGKA TENGAH — Dalam rangka koordinasi dan konsultasi, Komisi D Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Batang melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Daerah Bangka Tengah. Rombongan diterima langsung oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, A. Syarifullah Nizam, di Ruang rapat VIP Bupati Bangka Tengah, Senin (05/08/2019).

“Berkat kerja team Bangka Tengah yang unggul dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, sehingga kita mendapatkan Nirwasita Tantra. Dengan diraihnya penghargaan tersebut, menandakan sebuah komitmen yang kuat dari pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dalam menata lingkungan, dengan menyusun dokumen indeks kualitas lingkungan hidup daerah,” terang Syarifulah Nizam dalam sambutannya mewakili Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh.

Masih Nizam, untuk itulah Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah telah memberikan kewenangan penanganan kebersihan kepada Dinas Lingkungan Hidup untuk mengelola sampah. Adapun inovasi yang telah dilakukan Kabupaten Bangka Tengah dalam Nirwasita Tantra, yaitu pengolahan pupuk kompos balok.

“Inovasi yang kita lakukan mengolah pupuk kompos balok, lahan bekas tambang darat untuk usaha budi daya pertanian, seperti bawang merah, cabe dan nanas, kolong dijadikan sumber air baku, wisata kolong seperti kolong biru, dan tambak budidaya ikan serta lainnya,” tuturnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, kebijakan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah dalam penanganan lingkungan sudah dilaksanakan, dengan mengoptimalkan sistem pelayanan persampahan dan bank sampah.

“Lahan bekas tambang menjadi lahan pertanian dan perkebunan, pemanfaatan kolong bekas tambang untuk budidaya ikan, kolong bekas tambang menjadi tempat wisata, kolong bekas tambang menjadi SPAM,” katanya.

Sementara itu Ketua rombongan komisi D DPRD Kabupaten Batang, H. Tofani Dwi Arieyanto, beserta rombongan mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bangka Tengah beserta jajarannya atas sambutannya yang telah diberikan.

“Maksud dan tujuan kami dalam kegiatan ini, adalah untuk mengetahui isu-isu prioritas dan isu lingkungan dalam meraih Nirwasita Tantra di Kabupaten Bangka Tengah.” Terang Tofani.

Dirinya berharap kunjungan ini merupakan bagian awal dari pencarian solusi, untuk mengembalikan fungsi kawasan didaerah yang telah rusak akibat kegiatan penambangan maupun kegiatan lainnya di Provinsi Jawa Tengah.

“Kunjungan ini merupakan untuk mencari solusi mengembalikan fungsi kawasan di daerah, sehingga lingkungan yang baik dan hutan lestari dapat dinikmati oleh generasi penerus dimasa mendatang,” harapnya. (Yan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed