BANGKA TENGAHHEADLINE

Dua Kolam Percontohan Budidaya Udang Vaname Disiapkan untuk Masyarakat

×

Dua Kolam Percontohan Budidaya Udang Vaname Disiapkan untuk Masyarakat

Sebarkan artikel ini

BANGKA TENGAH — Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah telah menyiapkan dua kolam percontohan budidaya udang vaname skala rakyat, guna menunjang ekonomi kerakyatan dari sektor perikanan mereka, di Pokdakan 01, Desa Kurau, Kecamatan Koba.

” Kami siapkan dua kolam percontohan ini agar masyarakat bisa belajar dan berlatih mengembangkan budidaya udang vaname, disini bisa belajar kepada ahli yang telah kami siapkan,” ujar Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman, Jum’at (28/05). 

Dikatakannya, dua kolam udang vaname percontohan tersebut disiapkan untuk masyarakat, yang akan belajar mengembangkan budidaya udang vaname di wilayah Bangka Tengah. Selain itu juga, kolam ini merupakan realisasi dari program 100 hari kerja ” BERIMAN ” bersama Algafry Rahman dan Herry Erfian.

” Kolam ini sudah menjadi program kerja yang pernah dicanangkan dan hari ini kami realisasikan, bagi masyarakat yang mau belajar budidaya udang vaname skala rakyat silahkan manfaatkan dua kolam percontohan ini untuk kegiatan belajar gratis, ajukan permohonan mengikuti pelatihan,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, tambak udang vaname skala rakyat ini sebagai upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Tengah dalam meningkatkan ekonomi kerakyatan masyarakat dari sektor perikanan.

” Kita memiliki potensi yang luar biasa, sehingga bisa memanfaatkan potensi itu untuk budidaya tambak udang vaname yang menggunakan air laut, dengan potensi yang kita miliki ini bisa dikembangkan, dalam satu kolam berdiameter 15 bisa menghasilkan udang 800 kilogram siap jual, dan harga per kilogramnya mencapai Rp. 90.000. Meski modalnya besar, namun dengan masa budidaya selama empat bulan masih bisa menghasilkan laba yang menguntungkan,” pungkasnya. ( Hari Yana )

READ  Kasdam V/Brawijaya Apresiasi Semangat Prajurit Infanteri