oleh

Edukasi Bullying: Apa Itu Bullying Dan Apa Dampaknya?

Oleh: Desviantri Prisardi Ramadhani
Mahasiswi Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung

Sekarang ini semakin marak sekali terjadi pembullyan. Tidak hanya disekolah saja, bullying juga dapat terjadi di lingkungan sosial kita, lewat media sosial atau bahkan dapat terjadi di dalam keluarga. Bullying merupakan suatu tindakan yang berupa perundungan, penindasan, perisakan dengan berbagai cara seperti kekerasan, paksaan, ancaman, perkataan yang buruk, baik secara fisik maupun verbal. Bullying dapat terjadi pada siapa saja, tidak memandang usia, dapat terjadi di usia dini maupun dewasa.

Bullying juga bukan hanya menyerang fisik tetapi dapat juga menyerang mental seseorang. Ada beberapa bentuk tindakan bullying. Yang pertama yaitu bullying fisik. Bullying fisik biasanya dilakukan dengan memukul, mendorong, menjambak, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan adanya kontak fisik. Yang kedua yaitu bullying verbal. Bullying verbal dilakukan dengan kata-kata, perkataan yang menyakiti hati seseorang, menjelekkan seseorang, dll yang dapat mengakibatkan tekanan psikologis seseorang bahkan dapat mengakibatkan rusaknya mental seseorang. Yang ketiga yaitu bullying relasional atau tindakan pengucilan yang dilakukan bukan dengan fisik maupun verbal tetapi dengan menjauhi, mengucilkan korban sampai tidak ada yang mau berteman dan percaya dengan korban. Dan yang terakhir adalah yang marak terjadi yaitu cyber bullying. Cyber bullying terjadi di dunia maya melalui sosial media dengan menggunakan sindiran atau kata-kata yang kasar.

Dampak dari tindakan bullying ini adalah kurangnya rasa percaya diri, sulit percaya kepada orang lain bahkan diri sendiri, dapat menyebabkan depresi bahkan sampai bunuh diri, munculnya perasaan marah, sedih, kesepian, frustasi terus menerus, dan dapat menimbulkan trauma jangka pendek maupun jangka panjang.

Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan ketika kita dihadapkan dengan pembullyan, yaitu berusaha bersikap tenang dan tidak emosi, tanyakan dengan baik apa permasalahannya, dan ketika kita disuruh melakukan suatu hal yang tidak kita inginkan tolak dengan sopan, dan jika sudah merasa dalam bahaya maka menyingkir lah dan segera cari pertolongan. Dan yang terakhir jangan pernah kita dendam kepada orang yang sudah membully dan menjelekkan kita, karena tanpa kita sadari ketika muncul rasa dendam maka secara tidak langsung dendam itu akan menimbulkan rasa ingin membalas perlakuan yang pernah mereka lakukan kepada kita sehingga kita sama saja seperti mereka, yaitu menjadi pelaku bullying.

Jadilah baik dan tetaplah menjadi baik kepada siapapun dan kapanpun. Kita tidak pernah tahu kejadian apa yang sudah terjadi di hidup seseorang tidak peduli berapa lama kita mengenal mereka bahkan tidak mengenal sama sekali. Karena ada banyak sekali hal-hal yang disembunyikan orang karena mereka takut untuk mengatakan apa yang mereka alami. Be kind, stay positive, and always spread love. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan