oleh

Event Milenial Road Safety Festival, Hadiah Utama 10 Motor

Kombes Pol Dwie Asmoro

PANGKALPINANG — Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung, akan mengadakan Event Milenial Road Safety Festival pada tanggal 17 Februari mendatang. Tujuannya untuk menggugah para generasi muda, akan pentingnya keselamatan berkendara.

Karena dari data evaluasi se Indonesia tahun 2018, korban kecelakaan lalu lintas meninggal dunia mencapai angka 29.000 orang selama satu tahun, dengan 107.000 kejadian Laka Lantas, dan 60 persen korbannya itu masih pada usia produktif atau generasi muda, yaitu usia 15 – 35 tahun. Sangat disayangkan, generasi penerus yang masih punya banyak kesempatan itu, tapi harus terhenti karena mereka mejadi korban kecelakaan.

“Ini yang perlu ada sebuah gerakan yang sifatnya masif, yang besar, yang tujuannya membangkitkan kesadaran anak – anak muda ini, untuk mereka peduli terhadap keselamatan berlalu lintas” ungkap Direktur Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung, Komisaris Besar Polisi Dwie Asmoro, Kamis (17/01/2019) di Graha PT. Timah, Pangkalpinang.

Kombes Pol Dwie Asmoro menjelaskan, untuk di Bangka Belitung sendiri kejadian laka lantas dan korban yang meninggal dunia terjadi peningkatan.

“Nah, justru itu hampir di semua provinsi terjadi peningkatan (angka laka lantas). Karena di tahun 2017 di angka 29.000 kejadian, di tahun 2018 mencapai angka 30.000 kejadian” katanya.

Dikatakanya, yang akan membedakan pelaksanaan Event Milenial Road Safety Festival di Babel dengan daerah lain diantaranya, yang pertama sekali mengajarkan anak – anak muda untuk mereka dapat mengurangi kecepatan kendaraan bermotor. Hal itu karena di Babel ini ada karakteristik khusus, karena jalannya mulus, jalannya bagus, jadi mereka cenderung mengemudikan kendaran dengan kecepatan tinggi.

“Kita berikan mereka Safety Riding dan Safety Driving pada saat event itu. Dengan harapan mereka mengetahui tentang bagaimana sih kecepatan yang aman mengemudi kendaraan bermotor? Sekarang lagi trend di anak – anak muda, beli motor ganti knalpot. Beli motor pake ganti velg racing, ganti ban. Nah, ini yang mau kita gugah, bahwa sebenarnya itu bagus untuk penampilan, tapi bahaya untuk keselamatan” terangnya.

Kombes Pol Dwie Asmoro juga menargetkan, peserta Event Milenial Road Safety Festival sebanyak 21.000 orang, dengan titik kumpul di Alun – Alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang.

“Kita juga menghadirkan icon anak muda sekarang, seorang youtubers terkenal, namanya Mak Eli Bukan Kaleng – Kaleng, lalu ada Jamrud juga kita hadirkan, mereka sebagai duta – duta kita untuk menggugah kesadaran anak – anak muda, supaya lebih peduli terhadap keselamatan lalu lintas. Kita juga punya Doorprise 10 unit sepeda motor, dan ratusan hadiah lainnya” tutup Pamen dengan tiga melati di pundak itu. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed