oleh

Faktor ” Trust ” Penyebab Rendahnya Partisipasi Pemilih dalam Pemilu

BANGKA BARAT — Ketua KPU Bangka Barat, Pardi mengatakan, faktor penyebab rendahnya partisipasi masyarakat dalam Pemilu adalah faktor ” trust ” atau kepercayaan. Bila masyarakat tidak percaya lagi kepada Pemerintah, penyelenggara maupun partai politik peserta Pemilu, maka masyarakat akan malas datang ke Tempat Pemungutan Suara ( TPS ).

” Jadi kalau orang tidak percaya kepada lembaga penyelenggara, kepada Pemerintah, nggak mungkin kita bisa mencapai target partisipasi pemilih,” ujar Pardi kepada awak media, usai Seminar Evaluasi Partisipasi Pemilih pada Pemilu Serentak Tahun 2019 di Kabupaten Bangka Barat, di Hotel Pasadena, Muntok, Rabu ( 11/12/2019 ) pagi.

Pardi menargetkan pada Pilkada Bangka Barat 2020 mendatang, partisipasi pemilih sebanyak 80 persen. Namun ia menegaskan, untuk mencapai target tersebut pihaknya membutuhkan dukungan media.

” Kalau Pilkada sama, kami menargetkan 80 persen, tapi tetap intinya kami butuh dukungan dari media, jadi bukan hanya kami saja, kalau kami selaku penyelenggara berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan sosialisasi, terutama untuk menjaga integritas dari penyelenggara Pemilu karena bagaimana pun, penyebab rendahnya partisipasi itu ” trust “,” tukas Pardi.

Berkaca dari tingginya partisipasi pemilih pada Pemilihan Anggota Legislatif dan Presiden tanggal 17 April 2019 lalu, dimana KPU Bangka Barat berhasil melampaui target, Pardi optimis , dengan didukung pihak – pihak terkait, dalam Pilkada 2020 mendatang kesuksesan yang sama akan terulang, meskipun ia tidak menampik, daya tarik pemilihan presiden pada Pemilu lalu, merupakan salah satu faktor pemicu tingginya partisipasi pemilih.

” Keuntungan dari pemilihan presiden sampai saat ini itu salah satunya, dapat meningkatkan partisipasi, karena ini bersama – sama, kalau dulu kan orang hanya memilih dewannya saja, ini dengan adanya pemilihan presiden lebih banyak prosentase orang datang ke TPS karena mau memilih presiden,” kata Pardi. ( SK )

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed