oleh

Gelar Patroli Gabungan Skala Besar, Kapolres Bangka: Untuk Memastikan Kepatuhan Masyarakat

BANGKA — Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono mengungkapkan, Patroli Gabungan Skala Besar yang dilakukan oleh personil TNI, Polri, Pol PP, dan stakeholder pada Sabtu (04/04/2020) malam, untuk memastikan kepatuhan masyarakat terhadap (imbauan) Physical Distancing di beberapa tempat dan ruang publik. Tujuannya untuk memberikan imbauan secara persuasif kepada masyarakat, agar tetap mengikuti segala ha yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, dalam rangka mencegah terpaparnya virus corona ini dimana-mana.

“Khusus di Kabupaten Bangka, Gugus Tugas Pencegahan Covid-19, pada malam ini juga dibackup langsung oleh Danlanal beserta kesatuannya. Sehingga sinergitas ini berjalan dengan terus, tanpa melihat posisi, namun lebih mengedepankan kegiatan kebersamaan, dalam rangka mengoptimalkan pencegahan penyebaran virus corona di Kabupaten Bangka, dan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ungkapnya.

Menurutnya, kepatuhan masyarakat terhadap imbauan pemerintah semakin meningkat. Namun masih ada ditemukan, seperti di Taman Kota, masyarakat yang masih melakukan kegiatan komersial, kegiatan yang berpotensi untuk mendatangkan massa, bahkan anak-anak pun berpotensi datang dan hadir.

“ Namun sudah kita imbau secara tegas. Apabila imbauan dan ketegasan kita tidak diindahkan, maka tentunya aka nada langkah ongkrit terhadap yang tidak mengindahkan itu,” kata dia.

Untuk tempat hiburan malam, lanjut AKBP Aris Sulistyono, khususnya malam ini sudah mengikuti imbauan yang ditetapkan Pemerintah Kabupaten Bangka. Aparat TNI-Polri terus membackup, dan terus melakukan pengawasan secara intensif, baik secara kegiatan patroli bersama, maupun kegiatan monitoring secara berkala.

“Apabila ditemukan pelanggaran, tentunya akan diambil tindakan sesuai ketentuan hukum yang berlaku,” tegasnya.

Terkait masih ditemukannya warga yang tidak mengindahkan imbauan pemerintah, Kapolres Bangka itu menyatakan akan mendorong Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Bangka, untuk melakukan pengawasan dan monitoring pada kawasan tertib physical distancing, termasuk di Taman Kota Sungailiat. Hal itu lantaran masih ditemukannya kegiatan-kegiatan secara komersial, apalagi kegiatan yang mengundang massa seperti anak-anak, seperti penyewa alat-alat permainan anak-anak.

“Satpol PP nanti akan kita dorong untuk menjaga titik yang menjadi kawasan tertib physical distancing. Apabila imbauan tersebut ternyata tidak diindahkan, akan dilakukan langkah-langkah berikunya, kepada orang-orang yang tidak mengindahkan tersebut, mengingat kondisi saat ini sedang darurat. Jangan sampai nanti sudah dalam kondisi darurat, masyarakat masih belum memahami, apalagi kepatuhannya masih rendah,” tuturnya. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed