oleh

Gempa 6,8 Magnitude Telan Korban Jiwa

AMBON — Gempa bumi berkekuatan 6,8 Magnitude mengguncang Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah, pada Kamis (26/09/2019) pagi.

Meski tidak berpotensi Tsunami, namun gempa itu menelan korban jiwa dan membuatan kerusakan cukup parah pada rumah penduduk, pasar, sekolah, dan tempat ibadah.

Gempa pertama terjadi pada pukul 07.02 WIT. Titik gempa berada di 40 Kilometer Timur Laut Kota Ambon, dengan kedalaman 10 Kilometer.

Gempa susulah terjadi pada pukul 07.39 WIT dengan kekuatan 5,6 Magnitude, dengan jarak 18 Kilometer sebelah Timur Laut Kota Ambon.

Informasi yang diterima redaksi, setidaknya 20 orang meninggal dunia, 107 korban luka-luka, dan sekitar 2000 orang mengungsi.

Guncangan gempa bumi itu juga mengakibatkan kerusakan pada 65 unit rumah penduduk, 3 rumah ibadah, 1 jembatan, 4 sekolah, 1 pasar dan 1 ruas jalan.

Pemerintah Daerah setempat melalui BNPB Kabupaten Maluku Tengah sudah berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Maluku. Petugas terkait juga sedang meakukan pendataan kerusakan dan pengungsi.

Tim reaksi Cepat atau TRC dari BPBD juga sudah meninjau ke lokasi kejadian guna pendataan, juga mendirikan tenda darurat di Rumah Sakit Umum dr. Haulusy, Ambon.

Petugas gabungan dari TRC BPBD Provinsi Maluku, serta stakeholder terkait menghimbau agar masyarakat tetap tenang, dan selalu mengikuti perkembangan informasi. Petugas juga menghimbau agar masyarakat selalu waspada. Apabila terjadi gempa susulan, hindari gedung atau bangunan yang mudah roboh.

Salah satu wartawan di Kota Ambon, Izaac, mengatakan secara umum situasi Kota Ambon dan sekitarnya amam.

Secara umum situasi aman, walaupun masih ada gempa susulan. Sampe saat ini sejak gempa awal berkekuatan 6,8 itu, sudah terjadi lebih dari 120 kali gempa susulan,” kata Izaac pada Kamis malam. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed