Hardiknas Bangka Barat, Mendikbud Tegaskan Pentingnya Pendidikan Karakter

HEADLINE162 Dilihat

BANGKA BARAT – Hari Pendididikan Nasional diperingati Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dengan upacara di Lapangan Atletik di Kompleks Perkantoran Terpadu Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat, di Dusun Daya Baru, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kamis ( 2/5/2019 ) pagi.

Sekretraris Daerah Kabupaten Bangka Barat, H. Yunan Helmi bertindak sebagai pembina upacara mewakili Bupati Bangka Barat, Markus, SH yang tidak bisa hadir karena sedang dinas ke Bali.

Upacara diikuti segenap pelajar dan para guru serta ASN di lingkungan Pemkab Bangka Barat dan dihadiri Dandim 0431 Bangka Barat, Letkol Arm Bontor Karo Karo, perwakilan Kejari, Polres, segenap Kepala OPD Bangka Barat dan sejumlah undangan.

Sekda Yunan Helmi dalam amanatnya membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy, mengatakan, tema ” Menguatkan Pendidikan, Memajukan Budaya ” mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara, terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan.

” Hal itu guna membingkai hadirnya sumber daya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan,” kata Yunan.

Sekda melanjutkan, dalam pembangunan sumber daya manusia ada dua penguatan yang harus ditekankan, yaitu pendidikan karakter dan penyiapan generasi terdidik yang terampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja.

Pendidikan karakter yang dimaksud dalam amanat Mendikbud kata Yunan, bertujuan untuk membentuk akhlak mulia, sopan santun, tanggung jawab, serta budi pekerti yang luhur dari para peserta didik.

Dia menambahkan, bekal akan ketrampilan dan kecakapan dalam jiwa kewirausahaan, akan mendorong keahlian para peserta didik ketika sudah memasuki dunia kerja.

” Semua itu membutuhkan profesionalitas kinerja, segenap pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan di tingkat pusat dan daerah,” imbunya.

Usai upacara, para guru penulis dalam program Satu Guru Satu Buku ( Sagu Sabu ) melaunching 62 buku yang telah mereka tulis dan diserahkan secara simbolis kepada Sekda Yunan Helmi. ( SK )

Tinggalkan Balasan