oleh

Hasan : “Kalau bisa program seperti ini diperbanyak”

 22 total views

PANGKALPINANG — Program kemitraan adalah program untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri, melalui pemanfaatan dana bergulir dari Perseroan.

Dalam prakteknya, program kemitraan menyasar pada industri rumahan kecil yang berbentuk usaha perseorangan dan memiliki prospek berkembang.

Salah satu penerima program kemitraan PT Timah, Hasan Basri dalam sesi wawancara pada kabarbangka.com mengatakan bahwa dirinya merasa beruntung terpilih sebagai peserta program kemitraan PT Timah.

“Yang jelas kami merasa usaha kami tambah maju, dan kami sudah tiga kali meminjam seperti ini. Dan makin untung, ketika pertama kami ikut program, memang cuma break even point. Tapi ketika program benar-benar sudah dijalankan, kami sekarang mendapatkan untung,” ungkap Hasan, Senin 17/06/2019.

Dalam laman PT Timah yang dikutip oleh redaksi disebutkan bahwa strategi dan kebijakan pembinaan berdasarkan “3S”, yaitu sukses penyaluran, sukses pembinaan, serta sukses pengembalian.

“Kalau program pendampingan setelah mendapatkan bantuan program tentu ada, karena kan setelahnya ada proses laporan tiap bulan jadi ada kami terus dibimbing sebagai bagian program kemitraan,” imbuh Hasan.

Sebagai informasi, usaha mikro yang dijalankan oleh Hasan beserta keluarganya adalah berupa penggilingan ikan di jalan RE Martadinata Kelurahan Opas Indah Pangkalpinang.

“Selain kami memproduksi ikan hasil olahan (penggilingan) untuk bahan baku pempek, kemplang dan lainnya. Kami juga menerima upah dari beberapa warga yang menitip menggiling ikan disini,” kata dia.

Hasan menambahkan bahwa selain beberapa kemudahan yang diperolehnya dari program kemitraan dengan PT Timah, kendala utama yang sekarang dihadapi selain dari masih belum maksimalnya para pekerja berkumpul juga soal faktor pasokan ikan. Akibat masih dominan angin kencang dan pergantian musim.

” Jadi begini, kalau untuk usahanya sih kami secara keseluruhan tidak ada masalah. Malahan setelah adanya program kemitraan ini kami jadi berani ekspansi usaha. Misalnya membeli beberapa perlengkapan dalam proses penggilingan ikan, langganan jadi bertambah. Hanya masalah pasokan ikan saja, ya bagaimana lagi kalau soal itu kan faktor alam tidak bisa ditanggulangi,” tutup Hasan. (Red/3)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed