oleh

Hujan Tak Kunjung Berhenti, Polsek Muntok Pantau Daerah Rawan Banjir

BANGKA BARAT — Intensitas curah hujan yang cukup tinggi dalam dua hari ini membuat Polsek Muntok terus memonitor aliran sungai dan pasang surut air laut di daerah rawan banjir di Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Rabu ( 13/1/2021 ).

Titik rawan banjir yang dipantau yaitu
aliran sungai di Jembatan Kampung Ciulong Kelurahan Sungai Daeng, Kampung Ulu Kelurahan Tanjung serta aliran Sungai Jembatan Pasar Muntok.

Kapolsek Muntok, AKP Taufik Zulfikar mengatakan, air di Sungai Ciulong cukup tinggi dan intensitasnya cukup besar. Namun dari batas sungai ke jembatan masih terdapat jarak sekitar satu meter.

” Situasi aliran sungai di Kampung Ulu cukup tinggi dengan batas sungai dan tanggul pemukiman masyarakat masih sekitar 50 sentimeter,” kata Taufik, Rabu ( 13/1 ).

Sementara aliran air di Jembatan Pasar menurut dia sangat deras. Permukaan airnya pun terlihat tinggi. Batas air ke jembatan masih berjarak kurang lebih 50 sentimeter.

” Anggota Polsek Muntok terus melakukan monitoring daerah rawan banjir guna mengantisipasi terjadi bencana banjir mengingat sampai dengan saat ini di Kecamatan Muntok masih dalam kondisi hujan,” tandasnya.

Melihat keadaan tersebut, Kapolsek menghimbau kepada semua Bhabinkamtibmas serta warga yang tinggal di pesisir pantai untuk mewaspadai ancaman banjir saat curah hujan meningkat seperti saat ini.

“ Kalau tidur malam warga selalu hati-hati jika nantinya hujan deras dan menimbulkan banjir besar. Meski kita sangat tidak mengharapkan hal-hal negatif terjadi apalagi masyarakat yang tinggal di pesisir pantai pada saat pasang gelombang air laut,” ujar Taufik.

” Bagi warga yang mempunyai anak kecil jangan dibiarkan bebas bermain di pesisir pantai, terutama saat gelombang pasang, harus waspada juga. Selain itu, agar masyarakat bisa mengurangi aktivitas di pesisiran pantai jika terjadi hujan besar,” imbuhnya. ( SK )

News Feed