oleh

Ibnu Saleh : UMKM Salah Satu Sektor Unggulan Yang Harus Dikembangkan

BANGKA TENGAH — Bupati Bangka Tengah H. Ibnu Saleh mengatakan, UMKM merupakan salah satu sektor unggulan yang harus terus dikembangkan sebagai pendorong Ekonomi kerakyatan pasca timah.

“Di Bangka Tengah ada sebanyak 21.837 UMKM, dan menyerap tenaga kerja dengan jumlah yang cukup banyak yaitu 37.315 orang di tahun 2018 dari 17 Sektor usaha. Berbagai kebijakan sudah dilakukan pemerintah daerah untuk mendorong pertumbuhan sektor UMKM. Seperti meningkatkan Produksi UMKM melalui fasilitas alih teknologi produksi, penguatan lembaga dan manejerial UMKM melalui penyuluhan, baik oleh penyuluh yang dibiayai oleh APBD maupun kementrian,” ungkap Ibnu Saleh saat memberi sambutan dalam acara Archievement Motivation Training Bagi UMKM di Hotel Grandvella Pangkalan Baru, Bangka Tengah, Senin (04/03/2019).

Lebih lanjut ia menjelaskan, peningkatan kualitas produk melalui fasilitas perizinan edar dan sertifikasi halal gratis, serta Fasilitas label kemasan di klinik kemas Dinas Perindustrian, Koperasi Dan UMKM.

“Pembiayaan dan permodalan melalui salah satu program penyaluran dana bergulir sejak Tahun 2019, kita turunkan bunganya dari 6% jadi 5% pertahunnya. Sehingga peningkatan sarana promosi dan pemasaran melalui E-COMMERCE serta pameran lokal maupun nasional. Berbagai pelatihan teknis manajemen lainya, sektor UMKM ini diharapkan menjadi solusi ampuh untuk mengurangi angka kemiskinan di Bangka Tengah ini, yang tinggal 3,57 persen pada tahun 2018,” terangnya.

Masih kata Ibnu Saleh, Geliat UMKM di Bangka Tengah sudah semakin nyata. Terlihat semakin menunjukkan perkembangan yang sangat positif, di lihat dari jumlah produksi UMKM yang semakin membaik.

“Geliat UMKM semakin membaik, bisa dilihat dari jumlah produksi yang dihasilkan olrh sentra Getas yang ada di Desa Kurau Barat. Di tahun 2018 lalu ada 34 UMKM Getas dan varian dengan nilai omset sepuluh milyar lebih. Harapan saya kedepannya akan banyak bermunculan sentra produksi baru di Bangka Tengah di tahun yang mendatang,” katanya.

Ditambahkannya, Pelaku UMKM harus lebih jeli memamfaatkan peluang yang ada, baik itu peluang usaha, Pasar dan memamfaatkan berbagai Fasilitas dan layanan yang di berikan Pemrintah Daerah.

“Manfaatkan peluang usaha, pasar, maupun layanan yang diberikan pemerintah agar usaha bapak-ibu geluti bisa lebih berkembang kearah yang lebih baik, dan juga Pemerintah Daerah akan di nilai mampu menjalankan amanah Undang – Undang RI Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah, yang mengatur pembagian kewenangan antara pusat dan daerah,” pungkasnya. (Yan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed