oleh

Ini Pesan Gubernur Saat Serahkan Bantuan Sosial Tunai di Sungailiat

BANGKA — Penyaluran Bantuan Sosial Tunai dimulai serentak sejak 18 Juli 2021 di seluruh Indonesia, termasuk di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Setiap Keluarga Penerima Manfaat menerima BST sebesar Rp300.000. Pada bulan ini, masing-masing KPM akan mendapatkan BST dari periode Mei dan Juni, sehingga KPM mendapatkan Rp600.000.

Untuk memastikan penyaluran BST tepat sasaran, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, sambangi Kantor PT Pos Sungailiat, Kabupaten Bangka, Rabu (28/7).

Tampak juga Kapolda Babel, Irjen Pol. Anang Syarif Hidayat; Danrem 045/Garuda Jaya, Brigjen TNI M. Jangkung Widyanto; dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka, Syahbudin.

Setelah melihat alur penyaluran BST terlaksana dengan baik dengan sistem yang terdigitalisasi dan proses pencairan yang menerapkan protokol kesehatan secara ketat, gubernur bersama Forkopimda Babel dan Wakil Bupati Bangka menyerahkan BST secara simbolis dan dilanjutkan berbincang kepada masyarakat.

Kepada masyarakat penerima BST yang hadir, Gubernur berpesan untuk mempergunakan bantuan tersebut secara bijak dan memprioritaskannya untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

“Bapak ibu diingat ya, bantuan ini diberikan untuk membantu masyarakat agar tidak perlu beraktivitas di luar selama masa PPKM, Tolong dibelanjakan untuk kebutuhan pokok saja,” tuturnya.

Seperti diketahui bersama bahwa, Bangka Belitung saat ini ditetapkan status PPKM Level 3 dan level 4. Oleh karena itu orang nomor satu di Babel itu meminta masyarakat untuk mengurangi aktivitasnya di luar rumah saat ini.

“Nanti ada petugas yang menyampaikan sosialisai terkait PPKM ini, yang terpenting masyarakat harus mengikuti aturan pemerintah,” ungkapnya.

Kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Bangka, Gubernur menekankan untuk terus menggencarkan sosialisasi protokol kesehatan secara ketat, agar Kabupaten Bangka tidak naik statusnya menjadi PPKM Level 4. Serta mendata warga penderita komorbid di wilayahnya.

“Pak wabup, saya minta untuk perintahkan jajarannya, kades/lurah untuk mengetahui masyarakatnya yang punya riwayat komorbid, agar terdata sehingga mendapat penanganan secepatnya,” pungkasnya.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Kepala Kantor Pos Pangkalpinang, Azmat Nuzul Pasa, KPM di Babel yang sudah menerima BST hari ini hingga pukul 13.00 WIB sebanyak 47 persen. Untuk di Kota Sungailiat sendiri, KPM yang terdaftar sebanyak 1.112 orang.

“Prosesnya setiap jam melayani maksimal 40 orang, agar tidak menimbulkan kerumunan massa. Kami juga melayani pencairan BST hingga pukul 16.00 WIB. Bagi masyarakat tidak perlu takut, karena kami akan terus melayani hingga 31 Juli 2021,” jelasnya.

Selain melakukan proses pencairan BST, PT Pos Indonesia juga menginisiasi untuk memberikan suplemen kepada penerima BST, yang terdiri dari vitamin dan obat-obatan dalam rangka pencegahan Covid-19 di Babel.

Dikutip dari situs kemensos.go.id (26/7/2021), Pemerintah Pusat telah mengalokasikan BST sebesar Rp15,1 triliun untuk 10 juta KPM selama 2 bulan yakni Mei dan Juni 2021, yang cair pada Juli dengan indeks Rp600 ribu/KPM yang disalurkan oleh PT Pos Indonesia.

Sebagai informasi tambahan, bagi masyarakat yang menjadi KPM untuk BST Rp600.000, bisa langsung mengecek status penerima bantuan melalui cekbansos.kemensos.go.id. (*)


Editor : Romlan
Sumber : Dinas Kominfo Babel

News Feed