oleh

Ini Yang Menjadi Larangan Kampanye Di Masa Covid-19

BANGKA TENGAH — Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah mengeluarkan aturan yang melarang Pasangan Calon, Bupati dan Wakil Bupati kampanye pada Pilkada Serentak 2020 di Bangka Tengah.

Hal itu di katakan Komisioner KPU Bangka Tengah Hendra Sinaga larangan kampanye bagi Pasangan Calon Pilkada Bateng 2020, di masa Covid-19 ini sudah berdasarkan pasal 88 ayat c PKPU Nomor 13 tahun 2020

“Jenis kampanye yang dilarang ya itu, konser musik, rapat umum, pentas seni, panen raya, dan kegiatan olahraga seperti jalan santai, dan atau sepeda santai, peringatan HUT Parpol, perlombaan, kegiatan sosial, bazar dan donor darah yang melibatkan kerumunan orang banyak,”ujarnya Rabu (30/09/2020) di Kantor KPU

Lanjut Hendra, dirinya menyebutkan kampanye yang di perbolehkan pada masa Covid-19 adalah tatap muka dan atau dialog, tapi dengan pembatasan maksimal 50 orang.

“Kampanye tatap muka di perbolehkan tapi jumlah massanya dibatasi maksimal 50 orang saja, tapi yang lebih diutamakan menggunakan metode daring, dan itu sudah sesuai dengan PKPU Nomor 13 Tahun 2020 tentang kampanye oleh Paslon, Parpol dan atau gabungan Parpol,” terangnya.

Masih kata Hendra, untuk sanksi bagi pasangan calon yang melakukan pelanggaran diatur dalam PKPU Nomor 13 tahun 2020 pasal 88 ayat C.

“Sangsinya berupa peringatan tertulis dari Bawaslu, dan penghentian serta pembubaran di tempat, untuk itu di harapkan a peserta untuk mematuhi aturan pelaksanaan kampanye yang ditentukan oleh KPU,” pungkas Hendra. (Hari Yana)

Komentar

Tinggalkan Balasan