oleh

Jaga Integritas Dan Netralitas, Bawaslu Bateng Sambangi Desa

BANGKA — Dalam rangka menjaga netralitas dan integritas Kepala Desa (Kades), perangkat desa, dan anggota BPD Desa serta aparatur Kelurahan dalam tajuk “Sambang Pengawasan”,kembali Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) gelar kegiatan Sambang sambang Desa dan Kelurahan.

Kegiatan kali ini Bawaslu Bateng sambangi 3 yaitu, Desa Lampur dan Kelurahan Sungai Selan, Kecamatan Sungai Selan serta Desa Puput dan Desa Pinang Sebatang, Kecamatan Simpangkatis.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bateng, Robianto mengatakan bahwa Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bateng tahun 2020 mendatang akan dilaksanakan pada tanggal 23 September 2020.

“Demi menjaga netralitas ASN, aparatur Kelurahan, Kades, anggota BPD, serta perangkat desa kami mohon untuk menaati beberapa larangan dan batasan yang boleh atau tidak boleh dilakukan pada tahapan kampanye nantinya guna menciptakan Pilkada yang demokratis, bersih dan bermartabat,” ungkapnya, Rabu (05/02/2020).

Diungkapkannya, pada saat ini Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Tengah memasuki tahapan persiapan. Di tahapan persialan ini akan ada kegiatan pemuktahiran data pemilih. Untuk itu, ia mengajak untuk saling koordinasi bersama-sama guna menciptakan daftar pemilih tetap yang akurat dan akuntabel.

“Selanjutnya, pada tahapan pelaksanaan, pada masa kampanye sebaiknya untuk memegang teguh integritas dan netralitas dengan tidak menggunakan atribut pasangan calon pada saat kampanye apalagi menjadi timses, ataupun menyiapkan sarana prasarana untuk kegiatan kampanye tersebut,” lanjutnya.

“Semoga kedepannya dengan adanya kegiatan sosialisasi pengawasan ini dapat memberikan pengetahuan demi mensukseskan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bateng Tahun 2020 yang bukan hanya dari segi target banyaknya capaian pemilih yang datang menggunakan hak suara, tetapi juga kualitas pemilihan yang dilaksanakan secara jujur dan adil, sehingga tercipta Pilkada yang demokratis,” harap Robi.

Kepala Desa Lampur Fadri Affandi menyambut baik program Sambang Pengawasan Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah ini. Ia pun mengapresiasi program ini karena dapat membuka wawasan perangkat desanya.

“Terima kasih atas sosialisasi dari Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, semoga nanti kami sebagai aparatur di desa ini bersama BPD dapat memberikan pendidikan politik kepada masyarakat kami demi menyongsong Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Bateng Tahun 2020 mendatang yang demokratis, bersih dan bermartabat,” ucapnya. (Yan)

Komentar

Tinggalkan Balasan